Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERANAN KAUM PEDAGANG MASUKNYA ISLAM DI RI

PERANAN KAUM PEDAGANG MASUKNYA ISLAM DI RI 

Proses masuknya Islam ke Indonesia tidak dapat lepas dari peranan kaum pedagang. Dalam kaitan ini kaum pedagang memiliki peranan yang sangat penting , baik pedagang dari luar Indonesia maupun para pedagang dari dalam negeri Indonesia.

Para pedagang umumnya datang dan berdagang di pusat-pusat perdagangan di daerah pesisir, seperti Malaka, Demak, dan lain-lain. Mereka tinggal di tempat-tempat tersebut dalam waktu yang lama, bahkan berbulan-bulan untuk menunggu datangnya angin musim.

Pada saat menunggu inilah maka terjadi pergaulan antar pedagang dengan penduduk setempat. Mereka saling mengenalkan adat istiadat bahkan agama melalui hubungan dagang inilah terjadi saling mempengaruhi di bidang agama maupun kebudanyaan.

Para pedagang Arab, Persia, dan Gujarat yang umumnya beragama Islam mengenalkan agama dan budaya Islam para pedagang lain maupun kepada penduduk setempat. Ketika berdagang ditempat-tempat perdagangan Indonesia, mereka juga memperkenalkan agama Islam.

Maka mulailah ada penduduk Indonesia yang mengenal kemudian memeluk agama Islam. Lama-kelamaan penganut agama Islam semakin bayak. Bahkan kemudian berkembang perkampungan para pedagang Islam di daerah pesisir. Aktif memperkenalkan dan menyebarkan agama Islam ke Indonesia tidak haya pedagang dari Arab, Persia ataupun Gujarat, tetapi juga para pedagang kita aktif menyebarkan Islam.

Mereka yang telah memeluk agama Islamkemudian menyebarkan agama Islam kepada sesama pedagang, juga kepada sanak familinya. Sehingga Islam mulai berkembang di masyarakat Indonesia. Di samping itu melalui hubungan dagang penyebar Islam juga melalui perkawinan dengan penduduk setempat.

Para pedagang dari luar yang beberapa bulan tinggal di Indonesia ada yang melakukan perkawinan dengan penduduk setempat. Melalui perkawinan ini Islam dapat diajarkan dalam keluarga baru tersebut. Dengan demikian semakin banyak penduduk Indonesia yang memeluk agama Islam.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :


Post a Comment for "PERANAN KAUM PEDAGANG MASUKNYA ISLAM DI RI"