Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang pengabdian pada perjuangan kemerdekaan nasional RI

Tentang pengabdian pada perjuangan kemerdekaan nasional RI 

Dalam melaksanakan politik Luar Negeri yang mengabdi pada perjuangan kemerdekaan Nasional Indonesia yang penuh : Rakyat Indonesia berjuang dengan menggalang persatuan Nasional anti imperialisme kolonialisme dan feodalisme didalam negeri, sebagai bagian daripada perjuangan untuk kepentingan ummat manusia didunia.

Pengabdian kepada perjuangan kemerdekaan Nasional yang penuh itu tidak dapat dipisah-pisahkan dengan penggalangan kerja sama internasional anti imperialisme-kolonialisme. Terhadap pengabdian pada perjuangan kemerdekaan Nasional yang penuh dari Rakyat Indonesia tersebut, Presiden/Panglima Tertinggi/Pemimpin Besar Revolusi Indonesia Bung Karno menegaskan dalam ''MEMBANGUN DUNIA KEMBALI''.

Pidato Bung Karno Membangun Dunia Kembali :

''Kita tidak boleh berhenti berjuang pada saat ini, manakala kemenangan telah menampakkan diri, sebaliknya kita harus melipatgandakan usaha kita. Kita telah berjanji kepada masa depan dan janji itu harus dipenuhi. Dalam hal ini kita tidak hanya berjuang untuk kepentingan kita sendiri, melainkan kita berjuang untuk kepentingan ummat manusia seluruhnya, ya, perjuangan kita bahkan untuk kepentingan mereka yang kita tentang''.

''Ini saya kemukakan : Bagi suatu bangsa yang baru lahir atau suatu bangsa yang baru lahir kembali milik yang paling berharga adalah kemerdekaan dan kedaulatan''. Banyak bangsa-bangsa didunia ini telah lama memiliki permata ini. Mereka telah bisa memilikinya tetapi saya yakin bahwa mereka masih tetap menganggapnya yang paling dicintai diantara milik-miliknya, dan mereka akan lebih baik mati daripada melepaskannya''.

Tentang pengabdian pada perjuangan kemerdekaan nasional RI
Betapa lebih berharga hal itu bagi kami, yang pernah sewaktu-waktu memiliki permata kemerdekaan dan kedaulatan Nasional itu, dan kemudian merasakan dirampasnya dari tangan kami telah kami rebut kembali. Saya tahu oleh karena bangsa saya sendiri melakukannya dalam perjuangan kami untuk kemerdekaan.

Kami telah berjuang dengan menggunakan pisau dan bambu runcing. Untuk mencapai perdamaian kita harus menyingkirkan sebab-sebab ketegangan dan sebab-sebab bentrokan itu. Itulah sebabnya saya berbicara dari lubuk hati saya mengenai perlunya bekerja-sama untuk menyebabkan matinya yang hina dari imperialisme.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Tentang pengabdian pada perjuangan kemerdekaan nasional RI"