Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkataan Partai Nasional Indonesia (P.N.I)

Perkataan Partai Nasional Indonesia (P.N.I) 

Tempat yang harus dilalui ? Manakah tempat-tempat yang harus dilalui ? Partai Nasional Indonesia dengan sepenuh keyakinan menjawab : tempat-tempat yang berjajar-jajar menuju kearah Indonesia-Merdeka ! Sebab dibelakangnya Indonesia-Merdeka itulah tampak kepada mata P.N.I. keindahannya Samudra-Keselamatan dan Samudra-Kebesaran itu, dibelakangnya Indonesia-Merdeka itulah tampak kepada mata P.N.I. sinarnya hari-kemudian yang melambai-lambai.

Inilah pokoknya keyakinan P.N.I., sebagai yang tertulis didalam buku keterangan-azasnya itu :

''Partai Nasional Indonesia berkeyakinan, bahwa syarat yang amat penting untuk pembaikan kembali semua susunan pergaulan hidup Indonesia itu, ialah kemerdekaan-nasional. Oleh karena itu, maka semua bangsa Indonesia terutama haruslah ditujukan kearah kemerdekaan-nasional itu''. Dengan bahasa Belanda : de nationale vrijheid als zeer belangrijke voorwaarde tot de nationale reconstructie.

Perkataan Partai Nasional Indonesia (P.N.I)

Berlainan dengan banyak partai-partai politik lain yang mengatakan ''perbaikilah dulu rumah-tangga, nanti kemerdekaan lantas datang sendiri'' berlainan dengan partai-partai lain, yang menganggap kemerdekaan itu sebagai buahnya pembaikan rumah tangga, maka P.N.I. berkata : ''Kemerdekaan nasional usahakanlah, sebab baru dengan kemerdekaan nasional itulah rakyat akan bisa memperbaiki rumah tangganya dengan tidak terganggu, yakni dengan sessempurna-sempurnanya'', P.N.I. berkata : ''de volkomen nationale reconstructie allen mogelijk na wederkomst der nationale onafhankelijkheid''.

Tuan-tuan Hakim, sepanjang keyakinan kami azas P.N.I. yang demikian ini dalam hakekatnya tidak bedalah dengan azas perjuangan kaum buruh di Eropa dan Amerika, tidak bedalah dengan azas yang mengatakan bahwa untuk melaksanakan sosialisme kaum buruh itu harus lebih dulu mencapai kekuasaan-pemerintahan.

Kaum proletar hanyalah bisa mengalahkan perlawanannya kaum modal terhadap usaha membikin alat-alat produksi itu dari milik partikelir dijadikan milik umum dengan mengambil kekuasaan pemerintahan. Untuk maksud yang demikian ini, maka kaum-buruh seluruh dunia, yang telah insyaf akan kewajibannya didalam perlawanan, adalah menghimpunkan dan menyusunkan diri satu sama lain.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Perkataan Partai Nasional Indonesia (P.N.I)"