Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Azas dan tujuan S.D.A.P.

Azas dan tujuan S.D.A.P.

Kita adalah mengambil politik mach itu pada tiap-tiap usaha organisasi yang kita dirikan dan kita luaskan. Kita adalah mengerjakannya pada tiap-tiap pemilihan dewan rakyat dan perjuangan untuk pemilihan itu, pada tiap-tiap arti yang besar melawan bourgeoisie.

Kerja ini bukanlah perlawanan dari satu hari, tetapi ialah kerja perlawanan yang berpuluhan tahun. Alat-alat yang diusahakan oleh kaum proletar didalam perlawanan ini, adalah ikut berubah  menurut keharusan-keharusan dan pertimbangan akan hasil tidaknya dan menurut pula senjata-senjata yang dikasihkan oleh pergaulan hidup kapitalistis itu kepada kita.

Itulah sebabnya kita bekerja didalam parlemen itulah juga sebabnya pergerakan sekerja di negeri Belanda ada hak mogok. Tuan-tuan Hakim memperusahakan senjata pemogokan yang ada padanya oleh halnya tiada satu apa-apa bisa terbikin jika kalau tidak dengan tenaganya kaum buruh.

Tetapi senjata pemogokan ini dipakailah juga oleh kaum proletar untuk merebut tuntutan-tuntutan kelas kalau ia memandang perlu. Perkosaan adalah menurut pengalaman kita suatu senjata yang tak baik tak perlu kalau kita mempunyai kekuasaan merugikan kalau kita tidak mempunyai kekuasaan itu.

Azas dan tujuan S.D.A.P.

Tetapi bagaimana juga akti yang hendak kita jalankan bagaimana juga senjata yang hendak kita usahakan sendinya semua itu tidak boleh tidak haruslah suatu organisasi yang langsung yang teguh dan yang subur suatu organisasi yang pantas dan kuasa menjadi penuntutannya kaum proletar diatas padang perjuangan kelasnya.

Sesungguhnya kocak betul logika yang melogikakan bahwa dus P.N.I. akan membikin huru-hara. Tetapi juga dengan tidak menertawakan logika yang kocak itu, maka tiap-tiap orang yang mau mengakui bahwa sedikitnya otak kami masih belum terganggu tiap-tiap orang yang tidak memandang kami orang-orang yang gila atau orang-orang yang idiot, tentulah mengerti bahwa kami mustahillah tak mengetahui bahwa kemerdekaan itu hanyalah bisa tercapai dengan suatu usaha susunan dan usaha kekuasaan yang maha sukar dan maha berat adanya. 

Bahwa mustahillah pula kami misalnya bisa berkata bahwa kemerdekaan itu akan datang dalam tahun '30! Sebagaimana politik mach tidak bisa dicapaikan oleh kaum buruh Eropa didalam satu, dua, tiga, sepuluh, duapuluh tahun, maka kemerdekaanpun tak bisa diperolehkan oleh rakyat Indonesia didalam satu nafas.

Kemerdekaan akan datang dalam tahun 30! Kami dikatakan pernah bilang bahwa kemerdekaan akan datang dalam tahun '30 ! Sesungguhnya kalau memang benar begitu perlu sekalilah kami dengan segera dikirimkan ke rumah-sakit gila Tjikeumeuh, afdeeling ''ongeneeslijke patienten'' bersama-sama dengan saudara Mr. Sartono, yang juga dikatakan pernah berpidato kemerdekaan akan datang tahun ini.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Azas dan tujuan S.D.A.P."