Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kronologis perang dunia II medan Eropa (1939-1945).

Kronologis perang dunia II medan Eropa (1939-1945). 

Mengapa Jerman menyerbu Danziq ( Polandia) ? Wilayah ini sebelum Perang Dunia I merupakan bagian dari kekuasaannya. Kekalahannya dalam Perang Dunia I membuat Danziq terlepas. Oleh karena itu, serbuan Jerman ke Danziq sejalan dengan ambisi Hitler untuk mengembalikan kejayaan Jerman dan membalas dendam negara-negara yang menghina Jerman melalui Perjanjian Versailles.

Setelah Jerman menyerbu Polandia pada tanggal 1 September 1939, Inggris dan Prancis menyatakan perang kepada Jerman. Pernyataan perang itu dikeluarkan pada tanggal 3 September 1939. Akan tetapi kedua negara itu tidak dapat mencegah pendudukan Jerman atas Polandia.

Gambar perang dunia II

Kronologis perang dunia II medan Eropa (1939-1945).

Pada tanggal 10 Mei 1940, tanpa pernyataan perang, Jerman menyerbu Belanda, Belgia, Luxemburg. Pada awal bulan Juni 1940 Jerman bersiap untuk menyerbu Prancis. Pada saat itu pulalah Italia menyatakan perang kepada Inggris dan Prancis.

Prancis akhirnya jatuh ke tangan Jerman dan Italia. Jenderal de Gaulle kemudian membentuk pemerintahan pengasingan di London. Gelombang serbuan Jerman kemudian dilanjutkan ke Inggris. Akan tetapi, Inggris ternyata mendapat bantuan peralatan perang dari Amerika Serikat.

Hal ini membuat Jerman mengalami kesulitan. Peperangan di front Timur dibuka oleh serangan Jerman atas Uni Soviet pada tanggal 22 Juni 1941. Serangan ini juga merupakan pelanggaran atas perjanjian yang menyatakan tidak akan saling menyerang antara Jerman dengan Uni Soviet. Selain Front Barat dan Front Timur peperangan juga meluas ke Afrika dan Italia.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Kronologis perang dunia II medan Eropa (1939-1945)."