Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa pendapat peristiwa G 30 S/PKI

Beberapa pendapat peristiwa G 30 S/PKI 

Menurut Cleren W. Hall dalam Readers Digest edisi November 1996 peristiwa G 30 S/PKI sebagai manuver PKI dan Sukarno untuk melanjutkan skenario politik yang telah mereka susun selama Demokrasi Terpimpin . Versi ini menyimpulkan bahwa Sukarno dan PKI dalang dibalik peristiwa tersebut.

Menurut Benedick Richard Ogusman Anderson dan Ruth Mc. Key yang dikenal sebagai Curnell Paper. Sebuah artikel yang menyimpulkan peristiwa G 30S/PKI adalah peritiwa listen AD dan PKI bukanlah dalangnya.

Gambar Peristiwa G 30 S/PKI

peristiwa G 30 S/PKI

Sedangkan Peter Dele Scott, menulis dalam Pasific Affairs (1984), bahwa CIA adalah dalang dibelakang G 30 S/PKI. Sementara Kathy Kadene, wartawati kantor berita State New Servis AS, menyatakan bahwa CIA telah memberikan 5000 nama tokoh PKI kepada Angkatan Darat 1965 yang kemudian dibunuh akibat kegagalan G 30 S/PKI.

Kemudian menurut buku putih yang diterbitkan oleh Sekneg mengungkap keterkaitan Presiden Soekarno tidak dinilai sebagai aktor pasif. Presiden Soekarno hanya memberi peluang PKI untuk memenuhi ambisi politiknya melalui konsep Nasakom. Buku putih tidak menuding Presiden Soekarno tetapi hanya meunjukkan indikasi sikap yang terlalu lunak kepada pelaku G 30 S/PKI dengan menganggapnya sebagai kejadian biasa dalam revolusi.

Baca juga selanjutnya :

Post a Comment for "Beberapa pendapat peristiwa G 30 S/PKI"