Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hubungan dekolonisasi di Asia dan Afrika

Hubungan dekolonisasi di Asia dan Afrika 

Pada umumnya kemerdekaan tidak ada yang diberikan sebagai hadiah atau semata-mata karena kebaikan kaum penjajah. Kemerdekaan biasanya direbut dengan kekuatan senjata. Bagi rakyat terjajah hal demikian sering disebut perang kemerdekaan atau perjuangan kemerdekaan.

Pada puncak kejayaan kaum imperialisme Barat masa lampau terjadi dua kali perang besar yaitu Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Kedua perang tersebut sangat berpengaruh terhadap perjuangan nasionalisme atau pergerakan kemerdekaan bangsa-bangsa di Asia dan Afrika, termasuk Indonesia.

Dekolonisasi Asia dan Afrika

Selama Perang Dunia I, hampir seluruh negara Eropa terlibat dalam peperangan yang menimbulkan kehancuran. Oleh karena itu, bangsa Asia dan Afrika meningkatkan tuntutannya kepada negara-negara penjajah, berupa pembaruan pemerintah dan pembentukan lembaga perwakilan rakyat. 

Akibat krisis ekonomi setelah Perang Dunia I, negara-negara kolonial berusaha untuk lebih meningkatkan pemerasan kekayaan di daerah-daerah jajahannya di Asia dan Afrika. Hal itu menimbulkan gerakan-gerakan perlawanan yang lebih radikal.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Hubungan dekolonisasi di Asia dan Afrika"