Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber informasi mengenai Kerajaan Kediri

Sumber informasi mengenai Kerajaan Kediri 

Assalamualaikum wr. wb. masih bersama saya yang selalu memberikan informasi tentang sejarah di Indonesia pada jaman kerajaan. Kali ini saya akan membahas sejarah Kerajaan Kediri atau Kerajaan Panjalu.

Kerajaan Kediri merupakan kelanjutan dari Kerajaan Mataram Kuno yang dibagi dua oleh Erlangga. Erlangga membagi kerajaan menjadi Kerajaan Panjalu dan Kerajaan Jenggala. Kerajaan Kediri adalah Kerajaan Panjalu.

Sumber informasi Kerajaan Kediri dapat diperoleh melalui Prasasti Banjaran berangka tahun 1052 M yang menjelaskan kemenangan Panjalu atas Jenggala, dan Prasasti Hantang berangka tahun 1052 M yang menjelaskan Kediri masa Jayabaya.

Prasasti peninggalan kerajaan

Raja Kediri pertama adalah Rakai Sirikan Sri Bameswara. Hal ini disebutkan pada Prasasti Pandlegan I yang berangka tahun 1116 M. Pengganti Raja Bameswara adalah Jayabaya. Ia memerintah mulai tahun 1130-1160 M. Jayabaya merupakan raja terbesar Kediri.

Raja Kediri berikutnya berturut-turut adalah Raja Sarweswara (1161-1169 M), Raja Sri Aryyeswara, Raja Sri Gandra, Raja Kameswara (1182-1185), dan Raja Kertajaya (1185-1222 M) sebagai raja terakhir Kerajaan Kediri.

Pada masa Kerajaan Kediri, karya sastra dapat berkembang dengan pesat. Banyak karya sastra yang bagus pada  masa Kerajaan Kediri. Karya sastra ini juga dapat digunakan sebagai sumber informasi mengenai Kerajaan Kediri. Salah satu dari kitab sastra pada masa Kerajaan Kediri adalah Kakawin Baratayuda yang ditulis Empu Sedah dan Empu Panuluh tahun 1156 M yang menceritakan kemenangan Kediri atas Jenggala.

Sastra yang lain adalah kitab ramalan Jayabaya atau dikenal dengan ''jangka Jayabaya'' yang ditulis oleh Raja Jayabaya sendiri. Selain sumber berupa kitab dan prasasti, ada juga sumber berupa berita asing dari Cina. Sumber tersebut juga menceritakan kehidupan masyarakat di Kerajaan Kediri.

Sumber-sumber tersebut antara lain berupa Kitab Chu-fan-chi yang ditulis oleh Chau-Ju-Jua tahun 1225 M dan Kitab Ling-mai-ta yang ditulis oleh Cho-Ku-Fei tahun 1178 M. Kehidupan masyarakat Kerajaan Kediri dapat dijelaskan dari adanya prasasti, karya sastra, dan berita Cina.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Sumber informasi mengenai Kerajaan Kediri"