Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerajaan Islam di Sumatera (Kerajaan Pasai dan Kerajaan Aceh Darusalam)

Kerajaan Islam di Sumatera (Kerajaan Pasai dan Kerajaan Aceh Darusalam) 

Di negara Indonesia terdapat beberapa kerajaan-kerajaan Islam yang tersebar diberbagai wilayah, kali ini saya akan mengulas sejarah kerajaan Islam yang berada di wilayah pulau Sumatera. yang saya ketahui kerajaan Islam yang pertama berada di Sumatera.

Kerajaan yang pertama di negara Indonesia ialah Kerajaan Pasai yang berada di daerah pesisir Timur laut Aceh Darusalam sekitar abad ke-13 M, proses dari penyebaran agama Islam yang berada di daerah pinggir pantai yang pernah disinggahi para pedagang muslim pada waktu abad ke-7, ke-8, dan seterusnya.

Gambar Peta Aceh

Wilayah Peta Pulau Aceh Darusalam

Berdirinya Kerajaan Pasai ini telah terbukti adanya batu nisan yang telah terkubur yang terbuat dari batu granit asal dari Samudera Pasai. Di batu nisan tersebut telah tertulis meninggalnya raja pertama Kerajaan Pasai pada bulan Ramadhan tahun 696 H diperkirakan bertepatan dengan tahun 1297 M.

Raja pertama Kerajaan Pasai ialah Malik Al-Shaleh yang merupakan pendiri kerajaan pertama di Indonesia itu, yang telah diketahui dengan tradisi Hikayat Raja-Raja Pasai. Hikayat Melayu, juga hasil peneliti oleh berbagai sumber yang telah dilakukan oleh sarjana-sarjana Belanda yaitu seperti Snouck Hurgronye, J.P.Molquette, J.L.Moens, J.Hushoff Poll, G.P.Rouffaer, H.K.J.Cowan.

Pada abad ke-13 M munculnya Kerajaan Pasai itu dari segi politik dengan suramnya peranan Kerajaan Sriwijaya yang pada waktu itu sebelumnya telah memegang peranan penting di daerah wilayah Sumatera dan sekitarnya.

Keberadaan Kerajaan Aceh yang terletak di daerah sekarang yang terkenal dengan Aceh Besar dan sekarang yang menjadi ibu kota. Belum ada yang mengetahui dengan pasti kapan kerajaan Aceh ini didirikan atau dibangun.

Menurut Anas Machmud Kerajaan Aceh berdiri sekitar abad ke-15 M yang berada diatas puing-puing Kerajaan Lamuri, oleh Muzaffar Syah (1465-1497) dia yang membangun kota Aceh Darusalam. Kemajuan Aceh Darusalam telah mengalami kemajuan pesat dibidang perdagangan karena saudagar-saudagar Muslim yang sebelumnya berdagang dengan Malaka memindahkan kegiatan mereka ke Aceh pada waktu Malaka dikuasai Portugis pada tahun 1511 M.

Post a Comment for "Kerajaan Islam di Sumatera (Kerajaan Pasai dan Kerajaan Aceh Darusalam)"