Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beriman kepada hari akhir kiamat

Beriman kepada hari akhir kiamat - Kali ini saya akan membahas tentang beriman kepada hari akhir. Hari akhir adalah hancurnya seluruh jagad raya ini atau dunia. Pada hari akhir tidak ada satu orang pun atau makhluk hidup didunia yang melakukan kegiatan dunia baik masalah jual beli, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Masing-masing sibuk untuk mencari keselamatan sendiri da tidak ada satu orang pun atau makhluk hidup yang dapat memberikan pertolongan kepada orang lain, selain amal perbuatan yang telah mereka lakukan selama hidupnya di dunia sebelum datangnya hari akhir. Ayat Al-Qur'an yang menceritakan tentang hari kiamat di antaranya Q.S. Al-Qari'ah: 1-11, Q.S. Az-Zalzalah: 1-6, dan Q.S. Al-Qasas: 88.

Tanda-tanda hari kiamat

1. Tanda-tanda hari kiamat

a. Pasar-pasar (tempat perbelanjaan) sangat berdekatan antara satu dengan lainnya, turun hujan dengan lebatnya, namun bumi enggan untuk menumbuhkan tumbuh-tumbuhan di permukaannya. Perbuatan riba telah tersebar luas di dunia, anak-anak hasil hubungan zina semakin banyak, orang-orang kaya dipuja oleh kebanyakan orang di kalangan masyarakat. 

Suara orang-orang fasik menguasai masjid, yaitu orang-orang yang melakukan kabajikan dan amal saleh namun mereka melakukan maksiat kepada Allah SWT, dan banyak orang yang salah, menyalahkan orang-orang yang benar.

b. Tanda-tanda hari kiamat lainnya telah diriwayatkan oleh Umar Bin Muhammad, Abu Bakar Al-Wasithi, Ibrahim, dan Isa Al-Asfahani, yaitu : ''Orang-orang yang tidak jujur banyak didekati dan memiliki banyak sahabat, banyaknya dunia kejahatan di mana-mana, lemahnya keadilan untuk ditegakkan di dunia, Sholat dilakukan bukan untuk mencari keridoan Allah SWT, namun untuk dibangga-banggakan dan berharap pujian dari manusia, zakat amal dianggap sebagai pajak, amanat sudah dianggap sebagai barang rampasan, orang-orang yang mahir membaca Al-Qur'an dijadikan suatu kesombongan, banyaknya anak-anak yang menjadi para pemimpin, para perempuan banyak yang menjadi penguasa negara atau dunia, dan musyawarah berada di tangan budak-budak perempuan''.

2. Macam-macam hari kiamat

a. Kiamat sugra (kiamat kecil) adalah berakhirnya kehidupan setiap makhluk atau kematian setiap diri pribadi yang bernyawa (Q.S. Ar-Rahman: 26-27, Q.S. Ali 'Imran: 185, Q.S. Al-Mu'minun: 100).

b. Kiamat kubra (kiamat besar) adalah peristiwa besar atau hancur binasanya alam semesta beserta isinya (makhluk) sebagai awal dimulainya kehidupan akhirat (Q.S. Al-Haqqah: 13-18 dan Q.S. Al-Mu'min: 17).

Tanda-tanda kecil kiamat kubra

Apabila budak perempuan telah melahirkan tuannya, apabila orang yang bertelanjang kaki, berpakaian compang-camping lagi miskin, dan penggembala kambing berlomba-lomba dalam kemegahan bangunan, lenyapnya ilmu pengetahuan dan meluasnya kebodohan, berbagai minuman keras banyak diminum, dunia prostitusi serta perzinaan dilakukan secara terang-terangan, seorang berkeliling membawakan sedekah tetapi tidak ada yang mau untuk mengambilya, waktu terasa amat pendek (setahun terasa sebulan, sebulan terasa seminggu, dan seminggu terasa sehari).

Baca juga selanjutnya di bawah ini


Lima hal terkait dengan perkawinan dan hikmah

Tanda-tanda besar kiamat kubra

Keluarnya asap (Al-Dukhan), Keluarnya Dabbah yaitu sejenis binatang yang aneh bentuk dan ukurannya (Q.S. An-Nahl: 82), munculnya makhluk yang bernama Dajjal, matahari terbit dari arah barat, turunnya Nabi Isa AS ke bumi untuk menyelamatkan umat Nabi Muhammad SAW dari kesesatan Dajjal, munculnya makhluk yang bernama Yakjuj dan Makjuj, terjadinya gerhana di timur dan di barat, terjadinya gerhana di Jazirah Arabia, dan keluarnya api dari Negara Yaman.

Artikel diatas mengulas tentang tanda-tanda hari akhir kiamat yang akan terjadi di dunia. Isi artikel ini saya ambil dari buku Pendidikan Agama Islam penerbit Erlangga (www.erlangga.co id). Terima kasih sudah berkunjung di artikel saya semoga menjadi bermanfaat.

Post a Comment for "Beriman kepada hari akhir kiamat"