Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obyek wisata aset ekonomi bangsa

Obyek wisata aset ekonomi bangsa 

Negara kita sebagai negara dengan keanekaragaman etnik, bahasa dan budaya. Para penjajah memanfaatkan perbedaan dengan politik pecah belah. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan dengan mudah penjajah menaklukkan tiap wilayah yang ada di negara Indonesia. Semboyan hidup berbangsa sudah tertanam yaitu ''Bhineka Tunggal Ika'' meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Meskipun kita bangga dengan suku dan budaya sendiri tapi harus disertai dengan pengembangan sikap toleransi, saling menghargai, dan menghormati keberadaan masing-masing. Semua keanekaragaman telah berbaur dan berintergrasi menjadi satu, kesetabilan akan terwujud. Kestabilan merupakan modal dasar bagi keberlangsungan pembangunan sebuah negara.

Kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan disebut kegiatan ekonomi atau tindakan ekonomi. Kegiatan ekonomi sehari-hari terdiri atas produksi, distribusi dan konsumsi. Produksi dilakukan produsen sebagai upaya menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan barang atau jasa yang ekonomi kegiatan ekdihasilkan oleh produsen kepada konsumen. Konsumen sebagai pemakai barang hasil produksi. Ketiga pelaku kegiatan ekonomi yaitu produsen, distributor dan konsumen memiliki ketergantungan satu sama lain.

Salah satu kegiatan ekonomi yang bersumber dari pengembangan potensi keragaman budaya Indonesia adalah Pariwisata. Adapun pengertian pariwisata adalah kunjungan ke tempat-tempat yang memiliki daya tarik tertentu (obyek wisata) untuk berkreasi, memperdalam ilmu pengetahuan atau melaksanakan pekerjaan.

Tempat-tempat yang dapat dijadikan sebagai tempat tujuan wisata dapat dibedakan sebagai berikut :

  • Obyek wisata rekreasi seperti kolam renang, pemancingan ikan, dan taman rekreasi.
  • Obyek wisata alam seperti kebun binatang, pantai, danau, taman nasional, air terjun dan pegunungan.
  • Obyek wisata budaya seperti museum, rumah adat, keraton, masjid kuno, benteng kuno, candi atau bangunan-bangunan bersejarah lainnya.

Perkembangan pariwisata yang pesat memacu munculnya gagasan-gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi. Adapun gagasan kreatif ekonomi pada bidang pariwisata dapat berupa membuka usaha penginapan, rumah makan, biro perjalanan, toko-toko souveir, dan cindera mata serta usaha-usaha lainnya.

Keragaman budaya merupakan aset berharga bagi perekonomian bangsa karena dari keragaman budaya itulah menjadi daya tarik suatu bangsa dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke negara itu, dan itulah penambah dari devisa negara dan warga yang dikunjungi juga dapat menjual hasil kreatifitas dari wilayahnya.

Karena itu, di dunia pariwisata kebudayaan merupakan komoditas ekonomi yang bisa dijual kepada wisatawan. Provinsi yang selalu fokus dalam penerapan kegiatan pariwisata berbasis budaya dan wisata alamnya ialah Bali. Selain itu provinsi Yogyakarta terus mengembangkan wisata budayanya.

Semoga sedikit artikel ini bisa berguna bagi teman-teman yang sedang membutuhkan pengetahuan, pengalaman tentang pembahasan masalah kebudayaan integrasi bangsa dan keragaman budaya sebagai aset perekonomian bangsa.

Baca juga selanjutnya Pengertian Tari Berpasangan atau Kelompok Daerah Setempat

Post a Comment for "Obyek wisata aset ekonomi bangsa"