Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah teater bahasa greek (Yunani)

Sejarah teater bahasa greek (Yunani) 

Sejarah teater bahasa greek (Yunani) - Di dalam seni pertunjukan pastinya mempunyai sebuah teater, sebagian besar bagi teman-teman yang belum tahu tentang apa yang di maksud teater itu apa sih? mari kita bahas yang dimaksud dengan teater. Terutama teater telah berkembang di Yunani, teater berasal dari bahasa Greek dari negara Yunani di sana terkenal dengan kata theatron.

Theatron ialah dari bahasa Yunani yang berarti nama tempat untuk pertunjukan atau pesta dan persembahan para dewa. Pesta yang diadakan untuk menyembah para dewa terutama dewa Apollo, yaitu dewa yang memberikan kemakmuran bagi umatnya.

Gambar Tempat Theatron

Tempat theatron

Selain dewa Apollo juga ada dewa Dyonesos, yaitu dewa penghancur alam semesta. Pada acara pesta, masyarakat mendatangi suatu tempat yang luas, yang telah berbentuk gunungan tanah yang melingkar. Di dalam areal atau tengah areal itu dibikin pusat persembahan yang disebut dengan theatron.

Ketika waktu itu, masyarakat berpesta ria. Mereka menari mengikuti gerakan binatang, ada juga yang mengikuti gerakan seperti macan, dan ada pula yang mengikuti gerakan seperti domba atau kambing. Mereka telah diperbolehkan untuk saling mengejek sehingga situasinya bergembira, penuh humor dan santai.

Tetapi, pada acara persembahan masyarakat tidak diperbolehkan saling mengejek. Tetapi mereka malah tampak sedih, bahkan banyak yang berteriak histeris dan menangis. Ketika acara persembahan itu seekor kambing jantan disembelih. Pada waktu acara persembahan biasanya diadakan pada musim kemarau dengan harapan musim semi cepat datang.

Setelah terjadi perkembangan, pengertian teater juga mengalami perkembangan juga. Teater tidak hanya diartikan sebagai tempat pertunjukan, malainkan juga diartikan sebagai kegiatan tontonan atau pertunjukan. Sebagai kegiatan pertunjukan, teater telah mempunyai ciri-ciri, yaitu teater sebagai seni yang berhubungan dengan seni gerak, seni tata rias, seni dekorasi, dan seni tata busana.

Selain itu ciri-ciri yang lain ialah teater sebagai seni kolektif dan memerlukan penonton. Peranan teater pada saat itu juga mengalami perkembangan. Teater tidak hanya untuk kepentingan upacara, melainkan untuk aktualisasi pengembangan kreasi, menghibur dan memberikan informasi tentang nilai-nilai kebenaran.

Sebagai seni, teater bisa juga untuk mengasah efektif masyarakat. Teater juga dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan. Dengan cara berlatih teater, siswa dapat melakukan tiga tujuan pendidikan sekaligus, yaitu kognitif, efektif, dan psikomotorik.

Pada kesempatan kali ini kita telah belajar seni teater. Pembelajaran seni teater telah mencakup keterampilan olah tubuh, olah suara, olah pikir. Kita juga akan belajar menunjukan teater yang dipadukan dengan seni musik dan seni tari. Tetapi sebelum itu semua dipelajari, kita akan mencoba untuk mempelajari sejarah perkembangan teater.

Artikel di atas telah membahas tentang maksud dan tujuan sejarah teater, memang ternyata teater itu berasal dari negara tetangga bukan negara kita Indonesia ini melainkan dari negara Yunani atau biasa disebut negara dewa.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Sejarah teater bahasa greek (Yunani)"