Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fasis Italia di bawah Mussolini

Fasis Italia di bawah Mussolini 

Pembahasan tentang Perang Dunia II perlu diawali dari pembahasan tentang munculnya negara-negara fasis. Negara fasis artinya negara yang menganut fasisme, yaitu paham yang mendudukkan kepentingan negara di atas segalanya. Oleh karena itu sangat mengutamakan kepentingan negara, maka fasisme bersifat antidemokrasi, mengabaikan hak pribadi, dan cenderung melahirkan pemimpin yang otoriter.

Negara-negara fasis juga mengembangkan nasionalisme yang sempit yaitu perasaan kebangsaan yang diikuti dengan sikap merendahkan bangsa lain. Setelah Perang Dunia I, Italia, Jerman di bawah Adolf Hitler dan Jepang di bawah Perdana Menteri Hideki Tojo.

Benito Mussolini

Apa kaitan antara munculnya negara-negara fasis dengan terjadinya Perang Dunia II ? Tampilnya Italia, Jerman, dan Italia sebagai negara fasis sangat berpengaruh terhadap terjadinya Perang Dunia II. 

Mengapa Italia menjadi negara fasis ? Di dalam Perang Dunia I, Italia sebenarnya termasuk negara pemenang. Akan tetapi, keadaan ekonomi Italia setelah perang sangat buruk. Kemelaratan merajalela di mana-mana. Dalam kondisi demikian meletus pemberontakan komunis, sehingga semakin memperburuk keadaan.

Di tengah-tengah kesulitan tersebut, tampillah tokoh berpaham fasis, Benito Mussolini. Dia bercita-cita memperbaiki kehidupan bangsa Italia dengan perbuatan nyata. Pada tahun 1919 Mussolini telah mendirikan Partai Fasci Italiani yang kemudian disebut Partai Fasis.

Untuk mengatasi pemberontakan komunis, Mussolini menghimpun fasci (pasukan sukarela). Pada tahun 1921 dengan dibantu orang-orang bermodal, Mussolini berhasil memadamkan gerakan buruh di Italia Utara. 

Pada pemilu tahun 1923, Partai Fasis memperoleh kemenangan. Berawal dari kemenangan tersebut, maka Mussolini berkesempatan tampil sebagai penguasa tunggal di Italia dan menerapkan fasisme dalam pemerintahan.

Mengapa paham fasis berkembang di Italia :

  • Kenangan kejayaan masa lalu, yaitu zaman Romnum Imperium (Romawi). Ketika itu bangsa Romawi memiliki kerajaan dengan wilayah kekuasaan yang sangat luas.
  • Kehidupan sosial ekonomi yang sangat buruk sehingga menimbulkan ketidakpuasan masyarakat.
  • Sistem pemerintahan yang dianggap tidak sesuai, kaum fasis menghendaki sistem terpimpin.
Pada tahun 1925, setelah merasa kuat, Mussolini menyerbu Kota Roma dan berhasil membunuh Raja Vector Emanuel. Pada tahun itu pula Mussolini membubarkan Partai Komunis dan Partai Sosialis. Dengan demikian Mussolini bisa berkuasa penuh di Italia.

Sebagai seorang diktator, Mussolini sangat membenci ajaran liberalisme yang berciri khas demokrasi. Dia juga sangat membenci ajaran komunis dan sosialis. Dia berpendapat bahwa liberalisme dan komunisme merupakan penghambat bagi kemajuan Italia untuk kembali ke masa kejayaannya.

Untuk mewujudkan cita-citanya, Mussolini segera mengambil tindakan-tindakan penting, antara lain sebagai berikut ini :
  • Menghapus kebebasan bersuara, berpendapat, berpikir, dan politik.
  • Merebut Abessinia pada tahun 1934.
  • Menetapkan bahwa hak dan kewajiban warga negara ditentukan oleh pemerintah, bukan rakyat seperti dalam demokrasi.
  • Mengembangkan keyakinan bahwa cita-cita kebesaran Italia hanya dapat dicapai dengan kekuasaan yang besar dan tidak terbatas.
  • Mengadakan perjanjian politik dengan Bapa Suci di Lateran pada tahun 1929. Isinya bahwa Bapa Suci berdaulat atas kota suci Vatikan, dan sebaliknya Bapa Suci mengakui kedaulatan negeri Italia yang berpusat di Kota Roma.
  • Bercita-cita untuk mewujudkan Italia Irredenta, yaitu menguasai daerah-daerah Italia, seperti Savoya, Nizza, dan Corsic, serta membebaskan Tunisia dari kekuasaan Prancis.
  • Berupaya menguasai Laut Tengah dalam rangka mewujudkan Italia Irredenta.
Untuk memperkuat kedudukannya, Mussolini menjalin hubungan dengan Jerman sebagai teman sepaham. Hal ini telah dilakukan dalam usaha memperkuat kekuasaannya di dalam mencapai tujuannya yang telah dicita-citakan.

Baca juga di bawah ini :
Semoga sedikitnya artikel yang saya tulis di atas bisa menambah ilmu pengetahuan teman-teman bagi yang sudah membacanya karena artikel ini mengulas tentang sejarah kronologis perang dunia II fasis Italia di bawah Mussolini.

Post a Comment for "Fasis Italia di bawah Mussolini"