Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Forum-forum yang digunakan dalam bidang ekonomi

Forum-forum yang digunakan dalam bidang ekonomi  

Pada permulaan pemerintahan Orde Baru, kebijakan ekonomi dalam rangka memperbaiki keadaan ekonomi di dalam negeri yang kacau, maka oleh karena itu pemerintah berusaha untuk bekerja sama dengan luar negeri guna memperoleh dana bagi pembangunan ekonomi, serta kerjasama ekonomi, teknik, dan perdagangan.

Sebagaimana diketahui usaha-usaha yang telah dilakukan terdiri dari reschedule hutang-hutang lama dan memperoleh bantuan IGGI. Beberapa tahun kemudian pemerintah telah membuka usaha kerjasama dengan negara-negara sosialis di Eropa Timur, namun pada awalnya kurang mendapat kepercayaan dan akhirnya bersedia juga.

Forum rapat ekonomi

Kemudian diperluas dengan membuka kerjasama ekonomi untuk negara-negara Timur Tengah. Usaha-usaha tersebut mula-mula bantuan devisa, bantuan proyek, dan bantuan pangan dari negara-negara IGGI, penanaman modal asing, perdagangan dan kerjasama internasional. 

Bantuan dan penanaman modal terutama dengan negara-negara IGGI dan negara-negara non komunis lainnya. Semula Indonesia hanya mampu menerima pinjaman lunak, sejak tahun 1973/1974 Indonesia sudah dapat menerima pinjaman setengah lunak dan komersial dari blok Eropa Timur dan negara-negara Timur Tengah.

Bantuan dari donatur maupun badan-badan internasional itu pada umumnya telah dipergunakan untuk perbaikan infrastruktur ekonomi kita yang telah berada di dalam keadaan parah, serta pembangunan lainnya yang sesuai dengan Repelita. Jumlah bantuan tersebut dari tahun 1967 sampai tahun 1975 berjumlah US$5 miliar.

Kebijaksanaan penanaman modal asing telah memberi prioritas kepada proyek-proyek yang menambah ekspor, menghemat impor, padat karya, memasukkan teknologi baru atau yang segera memberikan hasil.

Di dalam bidang perdagangan luar negeri, kebijaksanaan pemerintah kita ialah :

  • Memperbesar nilai ekspor.
  • Mencari pasaran-pasaran baru.
  • Mempertinggi mutu bahan-bahan ekspor kita.
  • Mengekspor barang-barang jadi atau setengah jadi.
  • Mencari jalan memasuki pasaran-pasaran tradisional dengan lebih baik.
  • Bekerjasama dengan negara-negara atau organisasi-organisasi asing untuk kepentingan pemasaran produk kita.
Jika pada akhir tahun 1971 nilai ekspor kita baru berjumlah kurang lebih US$ 1,8 miliar dari minyak dan barang ekspor lainnya, tetapi pada tahun 1975 meningkat kurang lebih US$ 7 miliar. Di dalam bidang kerjasama multilateral, Indonesia berpedoman pada ketetapan MPR dan petunjuk Presiden untuk bekerjasama dengan sesama negara berkembang untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi.

Forum-forum yang telah digunakan ialah :

  • Non blok.
  • OPEC.
  • Kelompok 77 dalam UNCTAD.
  • Konferensi ekonomi internasional atau dengan nama ''North-South Dialogue''.
Arah dan kebijakan ekonomi yang telah ditempuh oleh pemerintah Orde Baru diarahkan pada pembangunan di segala bidang. Pelaksanaan pembangunan Orde Baru bertumpu pada program yang telah dikenal dengan sebutan ''Trilogi Pembangunan'' yaitu sebagai berikut ini :
  • Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
  • Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.
  • Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pelaksanaan pola umum Pembangunan Jangka Panjang (25-30 tahun) telah dilaksanakan Orde Baru secara periodik 5 tahun yang disebut dengan Pelita (Pembangunan Lima Tahun). Adapun pembangunan yang dimaksud ialah :

~ Pelita I

Dilaksanakan mulai 1 April 1969 sampai 31 Maret 1974.
Tujuan Pelita I ialah untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak dan sekaligus meletakkan dasar-dasar bagi pembangunan dalam tahap-tahap berikutnya. Sasaran yang hendak dicapai ialah pangan, sandang, papan, perluasan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan rohani.

Pelita ini lebih menekankan pada pembangunan bidang pertanian. Pada Pelita ini terjadi peristiwa Malari akibat banyaknya produk Jepang yang membanjiri pasar Indonesia.

~ Pelita II

Dilaksanakan mulai 1 April 1974. Sasaran utama Pelita II yaitu tersedianya pangan, sandang, perumahan, sarana dan prasarana, mensejahterakan rakyat, dan memperluas kesempatan kerja.

~ Pelita III 

Dimulai pada tanggal 1 April 1979 sampai 31 April 1984. Pelita III ini menekankan pada Trilogi Pembangunan.

~ Pelita IV

Dilaksanakan pada tanggal 1 April 1984 sampai 31 Maret 1989. Pada Pelita ini pemerintah lebih menitikberatkan pada sektor pertanian menuju swasembada pangan dan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin industri sendiri.

~ Pelita V 

Dilaksanakan mulai 1 April 1989 hingga 31 Maret 1994. Pada Pelita ini pemerintah menitikberatkan pada sektor pertanian dan industri.

~ Pelita VI 

Dilaksanakan pada tanggal 1 April 1994 sampai dengan 31 Maret 1999. Pada Pelita VI ini pemerintah masih menitikberatkan pembangunan pada sektor bidang ekonomi yang berkaitan dengan industri dan pertanian serta pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pendukungnya.

Selamat membaca semoga menjadi bermanfaat bagi teman-teman yang sudah membacanya, karena artikel yang saya tulis ini menjelaskan tentang sejarah perekonomian pada jaman Orde Baru dan pembangunan Pelita.

Post a Comment for "Forum-forum yang digunakan dalam bidang ekonomi "