Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Globalisasi di bidang teknologi

Globalisasi di bidang teknologi 

Globalisasi sebagai sebuah kenyataan yang tidak bisa dihindari bagi setiap bangsa atau negara sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap tampaknya harus mengikuti arus. Emanuel Richter menyatakan globalisasi ialah jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

Globalisasi mengandung fenomena sebagai berikut :

1. Homogenitas.

Fenomena globalisasi yang disebabkan oleh kemajuan teknologi komunikasi yang bersifat satu arah (televisi dan radio) maupun dua arah (telepon dan internet) yang paling mengkhawatirkan ialah berlanjutnya homogenisasi masyarakat global itu sendiri. Nilai-nilai budaya, vitalitas, dan potensi asli ditinggalkan dan nilai-nilai yang telah dipaket dan diproduksi secara massal, diiklankan dan dijual ke pasar lalu diadopsi beramai-ramai.

Globalisasi di bidang teknologi

2. Ketergantungan.

Negara-negara yang masih mengimpor teknologi komunikasi dan informasi, kebanyakan negara-negara berkembang, negara-negara ini akan terus mengalami ketergantungan yang berkepanjangan pada negara-negara maju yang amat menyadari betapa pentingnya mempertahankan keunggulan mereka.

3. Keterbukaan dan integrasi.

Kemajuan dibidang teknologi komunikasi menyebabkan dunia semakin terbuka dan terintegrasi. Batas-batas wilayah geografis suatu negara tidak begitu penting bagi banyak orang yang terbiasa memanfaatkan jasa komunikasi dan informasi.

Globalisasi telah merasuk ke dalam daerah kehidupan bangsa ini. Bahkan proses globalisasi yang berlangsung sejak akhir abad ke-20 semakin dalam menusuk jantung kehidupan bangsa dan telah menimbulkan dampak, khususnya di bidang teknologi. Salah satunya ialah revolusi teknologi telekomunikasi dan komputer.

Semoga artikel yang saya tulis di atas bisa menambah wawasan bagi teman-teman yang sudah membacanya, karena artikel yang saya bahas di atas tentang merespon masyarakat Indonesia terhadap perubahan dunia ke arah globalisasi di bidang teknologi.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Globalisasi di bidang teknologi"