Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SBY hari kerja ke-26 berunding dengan GAM

SBY hari kerja ke-26 berunding dengan GAM 

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia yang ke-6 pada tanggal 20 Oktober 2004. Kebijakan yang ditempuh untuk meningkatkan pendapat per kapita ialah mengandalkan pembangunan infrastruktur misal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta mengundang investor asing dengan janji memperbaiki iklim investasi.

Kebijakan soal Aceh, Susilo Bambang Yudhoyono memperpanjang darurat sipil. Pada hari ke-26 memerintah, Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi Aceh, tanggal 28 Januari 2005 mengadakan perundingan dengan GAM di Helsinki, Finlandia, dengan perantaraan Crisis Management Initiative pimpinan Martti Ahtisaari.

Gambar Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono

Pada tanggal 26 Desember 2004 terjadi tragedi besar, yaitu bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda Aceh dan Sumatera Utara, bahkan sampai ke India san Afrika Timur yang menewaskan ratusan ribu manusia. Untuk memperingatinya pemerintah mengeluarkan Hari Berkabu Nasional selama tiga hari.

Dua tahun kemudian, pada Sabtu 27 Mei 2006 di Bantul, Yogyakarta serta daerah Klaten diguncang gempa bumi yang berkekuatan sangat besar yang meluluhlantakkan permukiman rakyat yang menelan banyak korban jiwa sehingga menimbulkan keprihatinan nasional dan diadakan gerakan peduli gempa, serta banyak relawan luar negeri yang peduli dan membantu korban bencana tersebut.

Salah satu yang menggembirakan pada masa pemerintahannya ialah salah satu utang luar negeri sudah dibayar lunas pada tahun 2006, dengan demikian pemerintah secara leluasa mampu meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

Pada pemilu 2009, Susilo Bambang Yudhoyono terpilih kembali sebagai Presiden Republik Indonesia berpasangan dengan Wakil Presiden Budiono. Ada 9 parpol yang menduduki kursi DPR yaitu Partai Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PPP, PKB, PAN, Gerindra dan Hanura. Partai Koalisi pendukung pemerintah adalah Partai Demokrat, PKS, PPP, PKB, PAN, Golkar dan Hanura sebagai oposisi.

Baca juga di bawah ini :

Semoga artikel yang saya tulis di atas bisa menambah ilmu pengetahuan bagi teman-teman yang telah membacanya karena artikel yang saya tulis ini mengenai tentang sejarah pada masa negara Indonesia telah dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Post a Comment for "SBY hari kerja ke-26 berunding dengan GAM"