Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebab-sebab revolusi Prancis.

Sebab-sebab revolusi Prancis. 

Prancis merupakan negara tua yang sangat besar dan kuat di wilayah Eropa. Selain Prancis, negara yang kuat lainnya ialah negara Inggris. Kedua negara tersebut pada tahun 1338 - 1453 telah terlibat dalam persaingan, pertikaian dan peperangan yang dikenal dengan istilah Perang Seratus Tahun (Hundred Year's War).

Sejak tahun 800 - 1789, Prancis merupakan negara kerajaan (monarki). Ketika berlangsung revolusi (1789 - 1799), Prancis berubah menjadi negara republik (1792). Melalui Kongres Wina (1815), Prancis telah kembali lagi ke sistem monarki di bawah dinasti Bourbon.

Sebab-sebab revolusi Prancis.

Karena tidak mampu menghadapi perkembangan di dalam negeri maka dinasti Bourbon tergeser dan kembali lagi menjadi negara republik. Hingga sekarang Prancis telah lima kali menyatakan diri sebagai negara republik.

Salah satu peristiwa penting dalam sejarah adalah Revolusi Prancis. Revolusi Prancis ialah serentetan kerusuhan politik dan sosial yang sangat menghebohkan yang menyebabkan jatuhnya kekuasaan monarki dan baru berakhir setelah dibentuknya Konsulat (Consulate).

Sebab-sebab terjadinya revolusi ialah ketidak mampuan pemerintahan monarki antara lain sebagai berikut ini :

  • Monopoli kekuasaan oleh golongan bangsawan. Monopoli itu dilaksanakan dengan mempertahankan sistem feodal sehingga petani hidupnya sangat tertekan dan metode bertani tidak efisien. Pada saat itu di Prancis terdapat tiga golongan yaitu golongan bangsawan, rohaniawan dan rakyat.
  • Negara mengalami kesulitan keuangan (bangkrut) setelah terlibat peperangan berkali-kali : Callone dan Necker, ialah dua tokoh ekonomi yang mencoba untuk memperbaiki kesulitan ekonomi negara dengan jalan mengadakan perubahan sistem pengelolaan keuangan negara (1789 - 1799). Perubahan yang dilakukan Calonne dan Necker mengalami kegagalan sebab telah mendapat tentangan dari kaum bangsawan. Kaum bangsawan menganggap bahwa perbaikan ekonomi itu akan menghilangkan hal-hal istimewa yang telah dimiliki kaum bangsawan selama ini.

Baca juga di bawah ini :
Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sudah membaca artikel yang saya tulis di atas, karena artikel yang saya tulis ini membahas tentang sejarah pada jaman revolusi Prancis pada tahun sekitar 1789 - 1804, dengan menjelaskan sebab-sebab dari pada revolusi Prancis itu.

Post a Comment for "Sebab-sebab revolusi Prancis."