Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti paham Facisme (il Duce)

Arti paham Facisme (il Duce) 

Partai Facis menganut paham terpimpin dengan mengutamakan kepentingan negara di atas segala-galanya. Semuanya diatur oleh negara dan tidak dibenarkan adanya golongan yang menentang pemerintah. Pemerintahan negara di tangan seorang pemimpin yang disebutnya il Duce, artinya sang pemimpin.

Pemimpin tersebut adalah Mussoloni yang memerintah Italia secara diktator. Usaha pembunuhan terhadap Raja Victor Emmanuel III mengalami kegagalan (1929), sehingga negara Italia resminya tetap merupakan kerajaan.


Di dalam bidang ekonomi, Italia dijadikan negara korporasi. Korporasi adalah kelompok yang anggotanya terdiri atas kaum fungsional (majikan, para ahli, dan buruh) mereka bekerja untuk menciptakan kemakmuran negara.

Kebebasan individu masih terjamin asalkan tidak mengganggu kepentingan bersama (negara), misalnya dilarang mogok. Sebanyak 22 korporasi didirikan, misalnya korporasi industri dan korporasi perdagangan.

Mereka mengirimkan wakilnya dalam Dewan Nasional Korporasi yang fungsinya memberikan nasihat kepada pemerintah untuk masalah-masalah tentang kehidupan masyarakat. Dalam praktiknya korporasi hanya merupakan alat pemerintah Facis saja untuk mendapat pengaruh di kalangan rakyat.

Masalah Roma adalah masalah kedudukan Paus di Kota Roma setelah Negara Kesatuan Italia terbentuk (1861). Kota Roma dan sekitarnya tidak diduduki oleh Raja Victor Emmanuel II dalam usahanya membentuk negara kesatuan, karena adanya tentara Perancis yang melindungi kedudukan Paus.

Tetapi, setelah tentara Perancis ditarik kembali (1870), Raja Victor Emmanuel II menduduki Roma dan Paus hanya diberi Vatikan dan sekitarnya. Paus menolak tawaran ganti kerugian yang diberikan kepadanya dan tidak mau mengakui Negara Kesatuan Italia.

Mussolini berhasil menyelesaikan soal Roma dengan mengadakan Perjanjian Leteran (1929) yang berisi beberapa hal :

  • Paus berdaulat penuh di Negara Vatikan yang meliputi Vatikan (istana Paus), gereja St. Peter, dan istana-istana Lateran.
  • Paus mengakui Kerajaan Italia.
  • Diadakan batas-batas kekuasaan antara agama dan negara di Italia.
  • Paus menerima ganti kerugian atas hilangnya Negara Gereja dan mendapatkan bantuan tiap tahun.
  • Katolik Roma sebagai agama negara.

Post a Comment for "Arti paham Facisme (il Duce)"