Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembentukan PPKI (7 Agustus 1945)

Pembentukan PPKI (7 Agustus 1945) 

BPUPKI setelah menyelesaikan tugasnya, kemudian dibubarkan dan diganti menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia disingkat PPKI (Dokuritsu Junbi Cosinkai) pada tanggal 7 Agustus 1945. Anggotanya terdiri atas 21 orang, kemudian tanpa seizin Jepang ditambah dengan enam anggota lagi.

Mereka adalah wakil-wakil dari seluruh Indonesia dan diketuai oleh Ir. Soekarno dengan Drs. Moh. Hatta sebagai wakilnya. Dengan penambahan tersebut, nyata bahwa bangsa Indonesia makin berani dan bertekad bahwa kemerdekaan Indonesia adalah urusannya sendiri.

Gambar Pidato Suekarno

Pembentukan PPKI (7 Agustus 1945)

Di dalam situasi peperangan yang makin genting, maka Marsekal Darat Terauchi Hisaichi yang berkedudukan di Dalat (Vietnam) memanggil tiga orang tokoh nasionalis Indonesia ialah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dr. Radjiman Wediodiningrat ke markasnya.

Terauchi menyampaikan keputusan Pemerintah Kemaharajaan Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada Indonesia yang pelaksanaannya dilakukan setelah PPKI menyelesaikan tugasnya. Wilayah Indonesia akan meliputi bekas Hindia Belanda. Selama seminggu mereka meninggalkan tanah air (6 - 15 Agustus 1945).

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Pembentukan PPKI (7 Agustus 1945)"