Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Timbulnya paham facisme (Italia)

Timbulnya paham facisme (Italia) 

Italia dalam Perang Dunia I berperang di pihak Sekutu dan ikut memenangkan perang. Tetapi negara itu merasakan juga kerusakan dan kerugian perang. Benito Mussolini seorang jurnalis yang berhaluan sosial mendirikan perkumpulan Fasci Italiani di Combattimento (1919), selanjutnya disebut Facis.

Sebab-sebab lahirnya Facisme sebagai berikut ini :

a. Kenangan Kejayaan Romawi (Imperium Romanum).

Bangsa Italia yang merosot kedudukannya menginginkan kejayaan kembali. Lambang Kerajaan Romawi berupa fascio yaitu ikatan tombak dan panah dijadikan simbolnya.


b. Rasa Tidak Puas di Kalangan Rakyat.

Rakyat sangat menderita akibat perang berupa pengangguran yang disebabkan industri belum berjalan normal dan banyaknya bekas pejuang (demobilisan) yang belum tersalurkan.

c. Sistem Pemerintahan.

Negara Kesatuan Italia diperintah secara demokratis, tetapi tidak ada negarawan yang mampu mengatasi kesulitan. Sementara itu Rusia dengan sistem terpimpin menjadi cermin yang dianggapnya baik untuk mengatasi keadaan.

Kekacauan makin bertambah setelah sering terjadi bentrokan berdarah antara golongan fasis, sosial, dan komunis dalam usaha memperoleh pengaruh. Sedangkan pemerintahan parlementer Italia di bawah Perdana Menteri Luigi Facta tidak berhasil mengatasi keadaan.

Pada tanggal 28 Oktober 1992 Partai Facis dengan 50.000 anggota mengadakan Mars ke Roma dan menuntut agar keadaan yang berlarut-larut diakhiri. Suatu undang-undang pemilihan baru diusulkan untuk disahkan parlemen, sehingga kedudukan Partai Facis makin kuat (1923).

Pemimpin sosialis bernama Giancomo Matteotti yang memimpin oposisi terhadap Partai Facis diculik dan dibunuh (1924). Mussolini yang menjadi perdana menteri mulai menjalankan cara-cara diktator dalam Kerajaan Italia.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Timbulnya paham facisme (Italia)"