Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aliran seni lukis surealisme dan kubisme

Aliran seni lukis surealisme dan kubisme

a. Surealisme.

Lukisan dengan aliran ini pada umumnya menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.

Surealisme merupakan penggambaran dunia fantasi psikologis yang dikreasikan secara verbal, tertulis, maupun visual. Aliran ini dipengaruhi oleh teori psikoanalisis Sigmund Freud yang menyatakan bahwa sadar (tidak dalam kontrol kesadaran atau terlupakan).

Di dalam karya aliran ini, alam nyata dan keserbabisaan mimpi terpadu sehingga menampakkan kesan aneh atau fantastik. Selanjutnya terdapat dua kecenderungan yaitu sebagai berikut ini :

a. Surealisme Figuratif.


Penampakannya masih realistik meskipun tidak wajar sehingga penguasaan teknik tetap diperlukan. Tokohnya : Carlo Carra, Gino Severini, Giorgio de Chirico, Marc Chagall, Salvador Dali.

b. Surealisme Abstraktif.


Sudah digayakan mendekati abstrak. Tokohnya : Joan Miro, Paul Klee, Wilfredo Lam.

b. Kubisme.

Kubisme ialah suatu aliran dalam seni rupa yang bertitik tolak dari penyederhanaan bentuk-bentuk alam secara geometrik (berkotak-kotak). Aliran ini menyederhanakan bentuk-bentuk alam secara geometris (segitiga, segi empat, lingkaran, oval, silinder, bola, kerucut, kubus, balok) dengan intuisi dan rasionalitas.

Aliran seni lukis surealisme dan kubisme

Konsep dasarnya ialah menghadirkan tampilan secara serempak dan simultan berbagai bagian objek, baik yang dilihat dari depan atau belakang, yang tampak atau tersembunyi. Tujuannya ialah untuk menunjukkan hubungan di antara bagian-bagian itu.

Pada tahun 1909 berkembang aliran Kubisme Analitis yang mengembangkan konsep dimensi keempat dalam seni lukis. Dimensi keempat dimengerti sebagai adanya konsep ruang sekaligus waktu yang berbeda.

Sedangkan Kubisme Sintetis, pelukisannya disusun dengan bidang yang berlainan warna yang saling tumpang dan tembus. Tokoh seni rupa yang beraliran Kubisme terkemuka di antaranya Pablo Picasso dan Gerge Braque (1882-1963). Lukisan Picasso yang terkenal adalah Les Demoidelles dan Quernika sebuah kritik terhadap strategisnya peperangan.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Aliran seni lukis surealisme dan kubisme"