Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Estetika mesin (machine aesthetics)

Estetika mesin (machine aesthetics) 

Estetika mesin (machine aesthetics) - Pada tahun 1903, Mathesius salah satu seorang tokoh desain terkemuka di zamannya menyatakan bahwa unsur artistik, budaya, dan ekonomi harus menyatu dalam karya desain, dan hal itu harus ditanamkan sejalan dengan semangat nasionalisme masyarakat Eropa.

Pada tahun 1908 terbit tulisan yang menghebohkan karya Adolf Loos seorang arsitek dan pemikir kritis di Eropa yang berjudul  ''Ornament is A Crime'' (penggunaan ornamen adalah sama dengan perbuatan kriminal).

Tulisan ini berisi penghujatan terhadap penggunaan ornamen pada karya arsitektur dan berbagai produk buatan pabrik. Penggunaan ornamen pada karya arsitektur dan berbagai produk buatan pabrik. Pengguna ornamen menunjukkan kerendahan selera dan perbuatan itu dapat dianggap sebagai tindakan kriminal.

Pada tahun 1919, berdiri lembaga kebudayaan Bauhaus di Weimar, Jerman yang dipimpin oleh Walter Gropius. Berdirinya lembaga ini dianggap sebagai tonggak penting awal menyebarnya aliran modernisme di dunia.

Prinsip dasar Bauhaus adalah memadukan semua ilmu pendukung desain, seni, kria, dan teknik dengan tujuan menghasilkan karya rancangan yang dapat menjawab permasalahan sosial dan budaya industri modern. Bauhaus menyelenggarakan pendidikan yang dikenal sebagai vokurs yang dikembangkan oleh Johaness Itten. Vokurs merupakan proses belajar sambil praktek untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Estetika mesin (machine aesthetics)"