Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Romantisme abad-18 masa revolusi industri

Romantisme abad-18 masa revolusi industri 

Romantisme abad-18 masa revolusi industri - Romantisme ialah sebuah gerakan seni, sastra, dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18 pada masa revolusi industri. Romantisme merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya.

Aliran ini mengembalikan seni pada emosi yang lebih bersifat imajiner. Awalnya melukiskan kisah atau kejadian yang dramatis atau dasyat. Dalam melukiskannya lebih baik dari pengaturan estetika maupun aktualitas piktorialnya selalu melebihi kenyataan. Warna lebih meriah, gerakan lebih lincah, serta emosi lebih tegas.

Romantisme abad-18 masa revolusi industri
Romantisme abad-18 masa revolusi industri

Pemandangan alam ialah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan. Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.

Romantisme ialah sebuah gerakan seni, sastra, dan intelektual yang berasal dari Eropa Barat abad ke-18 pada masa revolusi industri. Gerakan ini sebagian merupakan revolusi melawan norma-norma kebangsawanan, sosial, dan politik dari periode pencerahan dan reaksi terhadap rasionalisasi dari pengalaman estetika, memberikan tekanan baru terhadap emosi-emosi seperti rasa takut, negeri, dan takjub yang dialami ketika seseorang menghadapi sesuatu yang sublim dari alam. 

Gerakan ini mengangkat seni rakyat, alam, dan kebiasaan serta menganjurkan epistemologi yang didasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang didasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang dikondisikan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan, dan tradisi.

Ia dipengaruhi oleh gagasan-gagasan pencerahan dan mengagungkan medievalisme serta unsur-unsur seni dan narasi yang dianggap berasal dari periode pertengahan. Nama ''romatik'' sendiri berasal dari istilah ''romans'' yaitu narasi heroik prosa atau puitis yang berasal dari sastra abad pertengahan dan romatik.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Romantisme abad-18 masa revolusi industri"