Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cintinental system dan isi dekrit napoleon I

Cintinental system dan isi dekrit 

Inggris yang letaknya terpisah dari continent Eropa dijadikan dasar strategi untuk mengalahkannya. Setelah Napoleon menduduki Berlin, dikeluarkan Dekrit Berlin (1806) yang memiliki dua tujuan sebagai berikut :
  • Mengalahkan Inggris melalui jalan ekonomi dengan mengadakan blokade.
  • Mengembangkan perekonomian Perancis dengan daratan Eropa yang telah dibebaskan dari dominasi Inggris sebagai sasarannya.

Isi Dekrit Berlin adalah sebagai berikut :

  • Inggris dinyatakan dalam blokade, bangsa Inggris di daratan Eropa ditawan dan hartanya dirampas.
  • Kapal-kapal Inggris dilarang berlabuh di pelabuhan-pelabuhan Eropa dan pelabuhan yang mau menerima kedatangan kapal-kapal Inggris dimusuhi.

Cintinental system dan isi dekrit napoleon I

Inggris yang memiliki armada kuat membalas dengan mengeluarkan peraturan, seperti pelabuhan yang menolak kedatangan kapal Inggris akan dimusuhi dan semua kapal harus diperiksa oleh Inggris. Kemudian, Napoleon mengeluarkan peraturan baru yang merampas kapal yang mau diperiksa oleh Inggris.

Continental System sejalan dengan politik dinasti yang dijalankan Napoleon, sehingga diharapkan dapat terlaksana dengan baik. Kontra blokade yang dijalankan oleh Inggris menyebabkan Perancis kesulitan bahan-bahan dasar yang berasal dari luar Eropa, seperti gula dan kopi.

Tetapi keadaan itu dapat diatasi, kopi diganti dengan chichorei dan gula tebu diganti dengan gula bit. Hasil industri dan pertanian Perancis dipasarkan di daratan Eropa dan merupakan langkah baru bagi perekonomian Perancis.

Sebaliknya Inggris yang kehilangan pasaran hasil industrinya di daratan Eropa terpaksa memasarkannya ke Amerika Latin. Hal inilah yang menyebabkan Inggris tidak mau ikut menindas pemberontakan rakyat di Benua Amerika terhadap kekuasaan Spanyol-Portugis.

Rusia yang kehilangan pasaran gandumnya di Inggris dan sangat memerlukan hasil industri dari Inggris, terpaksa menyelundupkan sehingga dihukum oleh Perancis dnegan serangan tahun 1812. Continental System berakhir setelah Napoleon dikalahkan (1815).

Baca juga selanjutnya di bawah ini :


Post a Comment for "Cintinental system dan isi dekrit napoleon I"