Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Legislatif (1791 - 1792) Louis XVI

Legislatif (1791 - 1792) Louis XVI 

Setelah undang-undang dasar selesai, maka dewan kembali kepada fungsinya yaitu menjadi lembaga legislatif yang mempunyai hak untuk mengesahkan undang-undang dan merupakan perwakilan rakyat. Golongan III yang memperoleh kemenangan mulai berebutan.

Kaum terpelajar dan borjuis yang tergabung dalam Partai Girondin berhadapan dengan rakyatjelata yang bergabung dalam Partai Montagne yang tidak puas dengan pemerintahan monarki konstitusional dan menghendaki pemerintahan republik.


Louis XVI yang telah menjadi raja Perancis secara konstitusional, berusaha melarikan diri ke luar negeri, tetapi berhasil ditangkap sebelum melampaui perbatasan negara. Rakyat jelata menganggap raja telah berkhianat terhadap negara dan UUD, sehingga kedudukannya tidak perlu dipertahankan.

Anggapan tersebut makin kuat setelah Austria dan Rusia menyerbu Perancis dan menimbulkan Perang Koalisi I (1792 - 1797). Kedua negara tersebut juga merupakan negara monarki absolut yang menganggap revolusi membahayakan kedudukan raja dan pemerintahannya.

Tetapi rakyat Perancis yang didasari jiwa romantik membentuk tentara revolusi untuk menghadapi campur tangan asing (intervensi). Mereka berhasil mengalahkan tentara koalisi dalam pertempuran Valmy, dan sebaliknya dapat menyerbu ke negara-negara lain.

Baca selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Legislatif (1791 - 1792) Louis XVI "