Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Napoleon Bonaparte menjadi Consulat (1799 - 1804)

Napoleon Bonaparte menjadi Consulat (1799 - 1804) 

Pemerintahan Directoire yang tidak efektif kerjanya diganti dengan pemerintahan Consulat yang beranggotakan tiga orang. Napoleon Bonaparte menjadi konsul pertama yang memberikan corak otokratis pada pemerintahan baru. Ketika Napoleon menyatakan dirinya sebagai konsul seumur hidup, orang membiarkannya. Napoleon mengambil beberapa tindakan yang makin positif sebagai berikut :

1. Membentuk pemerintahan yang stabil dan kuat.

Pemerintahan disentralisasi dengan administrasi yang diseragamkan. Dihimpun kitab undang-undang hukum perdata (Code Civil) sehingga peraturan-peraturan hukum sama untuk seluruh Negara Perancis.


2. Mengembalikan perdamaian dalam negeri.

Kaum bangsawan yang telah lari ke luar negeri dapat diterima kembali dengan syarat tidak menuntut kekayaannya yang telah disita oleh negara atau rakyat. Diadakan perdamaian dengan Paus (concordat) untuk membereskan soal agama yang timbul selama revolusi akibat rasionalisme dan menempatkan kembali kedudukan kaum rohani seperti semula. Tindakan ini penting artinya mengingat hampir seluruh rakyat Perancis beragama Katolik dan kedudukan Paus yang kuat di dunia internasional.

3. Memberikan kesejahteraan kepada rakyat.

Pajak diturunkan sampai 21% dari pendapatan, pendidikan dikembangkan untuk seluruh rakyat, perindustrian dikembangkan sehingga Perancis menonjol sebagai negara industri, dan perdagangan diperlancar dengan perbaikan jalan dan pelabuhan.

4. Memberikan kemenangan dalam Perang Koalisi II (1799 -1802).

Kemenangan itu membangkitkan kembali rakyat Perancis sebagai bangsa besar.
Sukses yang diperoleh Napoleon Bonaparte menyebabkan rakyat percaya akan kepemimpinannya. Sehingga ketika ia dinobatkan oleh Paus Pius VII menjadi Kaisar Perancis, rakyat menerima kenyataan itu (1804). Padahal lima belas tahun sebelumnya rakyat mengadakan revolusi karena menentang monarki absolut.

Baca selanjutnya di bawah ini


Post a Comment for "Napoleon Bonaparte menjadi Consulat (1799 - 1804)"