Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tingkat kepadatan penduduk Indonesia abad ke-20

Tingkat kepadatan penduduk Indonesia abad ke-20 

Kedatangan penduduk Indonesia sejak dahulu sampai akhir abad ke-20 tidak merata. Hal itu disebabkan faktor-faktor tersebut di atas dan kondisi satu daerah dengan daerah lain berbeda.

Berdasarkan kepadanya; wilayah Indonesia dapat dibedakan atas tiga tingkatan sebagai berikut :

1. Daerah dengan kepadatan penduduk tinggi, seperti Jawa, Bali Selatan, sebagian Sumatera Barat, dan Sulawesi Selatan. Sekitar 75% penduduk Indonesia bertempat tinggal di wilayah-wilayah tersebut.
2. Daerah dengan kepadatan penduduk sedang seperti Sumatera (minus Sumatera Barat), Kalimantan, Sulawesi (minus Sulawesi Selatan), dan Nusa Tenggara terutama bagian barat. Sekitar 20% penduduk Indonesia bertempat tinggal di wilayah-wilayah tersebut.
3. Daerah dengan kepadatan penduduk rendah seperti Maluku, Irian Jaya, dan pulau-pulau kecil lainnya. Sekitar 5% saja jumlahnya dari seluruh penduduk Indonesia.

Manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) berusaha untuk dapat hidup lebih baik. Sehingga dalam masyarakat terjadi suatu gerak sosial yang sifatnya horizontal dalam wujudnya mengadakan perpindahan (migrasi) dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang kurang padat.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :