Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa perkumpulan buruh yang terkenal (onderbouw)

Beberapa perkumpulan buruh yang terkenal (onderbouw) 

Pada mulanya perkumpulan buruh adalah perkumpulan yang anggotanya terdiri atas kaum buruh. Tujuannya adalah membela kepentingannya untuk memperoleh kesejahteraan hidupnya. Pemogokan yang dilakukan sebagai landasan (onderbouw) dari suatu partai.

Beberapa perkumpulan buruh yang terkenal adalah :

  • Staats Spoor Bond (SS Bond) didirikan tahun 1905 oleh seorang Belanda, merupakan serikat buruh perusahaan kereta api milik pemerintahan Belanda.
  • Vereeniging van Spooren Tramweg Personeel (VSTP), lahir di Semarang tahun 1908. Organisasi ini kemudian banyak memperoleh pengaruh dari ISDV dan berhaluan kiri di bawah H. Sneevliet dan Semaun.
  • Persatuan Pergerakan Kaum Buruh (PPKB) merupakan gabungan organisasi-organisasi buruh yang diketuai oleh Semaun (SI Merah) dan wakil ketuanya Suryopranoto dan Haji Agus Salim (SI Putih). Setelah SI Merah dikeluarkan dari SI, maka Semaun mendirikan Revolutionare Vakcentrale yang berpusat di Semarang dengan VSTP sebagai tulang punggung, sedangkan Suryopranoto dan Haji Agus Salim melanjutkan keperguruan PPKB yang berpusat di Yogyakarta dengan Perserikatan Pegawai Pegadaian Bumiputra (PPPB) sebagai tulang punggung.
  • Personel Fabriek Bond (PFB) merupakan serikat buruh pabrik. Organisasi ini digerakkan oleh Suryopranoto dalam mengadakan pemogokan, sehingga beliau mendapat gelar Raja Pemogokan.
  • Persatuan Vakbonden Pegawai Negeri (PVPN) merupakan serikat buruh pegawai negeri di bawah R.P. Suroso. Beberapa organisasi yang bergabung dalam PVPN adalah : Serikat Guru, dan Serikat Pegawai Kereta Api. Tetapi Serikat Pamong Praja tidak masuk dalam gabungan tersebut karena mempunyai fungsi memegang pemerintahan, sehingga tidak boleh dalam organisasi politik. Salah satu aksi PVPN adalah menolak peraturan gaji tahun 1938 yang masih didasarkan perbedaan kulit dan mendesak agar perturan gaji bulanan dicabut.
Baca juga selanjutnya di bawah ini :