Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Peta Candi Umbul di Magelang Jawa Tengah

Gambar Peta Candi Umbul di Magelang Jawa Tengah

Candi Umbul berasal dari kata “umbul” karena sumber mata air yang telah keluar dari dasar kolam seperti gelembung-gelembung atau masyarakat Jawa sebut sebagai “umbul”. Pemandian Candi Umbul Magelang mempunyai dua tempat yaitu :

Pertama berada di atas ialah kolam air panas yang mempunyai kandungan sulfur sedangkan kolam yang ke Dua, ada di bagian yang lebih rendah, airnya berbeda dengan yang diatas karena airnya terasa dingin tidak hangat.

Arsitektur keseluruhan dinding kolam-kolam tersebut terbuat dari lapisan batu andesit. Pada jaman dulu, kolam pemandian ini merupakan tempat untuk mandi dari para putra dan putri bangsawan atau keluarga raja.

Batuan situs tertata rapi di tepian kolam dan menggambarkan berbagai relief binatang dan tumbuhan, juga ada stupa di bagian puncak candi. Keberadaan pondasi yang berada di sudut dasar kolam sebagai tiang penyangga atau tiang pelindung. 

 Candi Umbul


Dan sedangkan batu lainnya berbentuk lingga datar ialah alas untuk duduk yang berfungsi untuk bersemedi para ksatria. Kalau dilihat dari relief serta beberapa petilasan berbentuk lingga dan yoni di titik-titik tertentu, membuktikan bahwa Candi Umbul adalah candi yang bercorak Hindu.

Kalau kita melihat dari sejarah perkembangannya Kerajaan Mataram Kuno, kemungkinkan bila candi tersebut dibangun pada masa Dinasti Sanjaya yang menganut agama Hindu. Tidak begitu banyak ciri bangunan candi yang bisa kita temukan di tempat ini, namun di bagian dalam kolam terdapat banyak batu “umpak” yang berbentuk “lingga” yang permukaan atasnya datar.

Di samping sebagai tempat mandi, keberadaan landasan batu umpak yang berbentuk lingga tersebut zaman dahulu digunakan untuk alas tempat duduk para pertapa, bertapa kungkum atau bertapa rendam ksatria.

Lebih unik lagi dari kolam Candi Umbul ialah tidak adanya bau sulfur layaknya sumber pemandian air panas di kawasan wisata air panas lainnya, jadi kita yang alergi bau sulfur bisa datang kapan saja ke tempat ini tanpa khawatir dengan aroma kuat sulfur. 

Tetapi, kandungan belerang yang ada di kawasan pemandian ini masih bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kulit, suhu airnya bisa menjadi terapi tulang, membantu melancarkan peredaran darah.

 Peta Candi Umbul



Peta Candi Umbul di Magelang Jawa Tengah Versi Google Map

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Gambar Peta Candi Umbul di Magelang Jawa Tengah"