Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Peta dan Candi Mendut di Jawa Tengah

Gambar Peta dan Candi Mendut di Jawa Tengah 

Candi Mendut merupakan candi bercorak Budha yang cukup terkenal baik dalam skala nasional maupun internasional. Kata mendut sendiri berasal dari kata Venu, Vana, Mandira yang artinya candi yang berada di tengah hutan bambu. Sejarah awal pembangunan candi mendut masih memiliki beberapa versi dan belum dapat dipastikan kebenarannya atau masih menjadi misteri hingga saat ini.

Sejarawan terkenal bernama J.G. de Casparis menceritakan bahwa candi mendut telah dibangun pada waktu masa kerajaan dinasti Syailendra di tahun 824 M. Semua ini berdasarkan isi dari Prasati Karangtengah per tahun 824 M.

Di dalam prasasti tersebut telah disebutkan Raja Indra membangun bangunan suci dan menamainya Wenuwana. Wenuwana atau hutan bambu ini diartikan oleh de Casparis sebagai Candi Mendut. Maka sejarah candi mendut sudah dimulai sebelum candi borobudur. 

Candi mendut mempunyai umur yang lebih tua daripada Candi Borobudur, salah satu candi terbesar dan ternama di dunia yang sempat masuk ke 7 Keajaiban Dunia. Secara umum, Candi Mendut mempunyai denah dengan bentuk persegi. Candi Mendut memiliki tinggi bangunan keseluruhan 26.4 m. 

Candi Mendut

Gambar Peta dan Candi Mendut di Jawa Tengah

Bagian tubuh candi berada di atas batu dengan tinggi 2 m. Di permukaan batu tersebut mempunyai ruas yang lebar. Di dinding candi mendut, terdapat kurang lebih 31 panel yang menampilkan beberapa relief cerita, sulur suluran serta pahatan bunga yang menandakan corak dari Candi Mendut.

Jika kalian berkunjung ke candi ini, Kalian akan melihat beberapa saluran untuk membuang air dari selasar di sepanjang dinding luar. Bagian saluran ini disebut dengan jaladwara. Jaladwara ini menjadi ciri khas pada candi-candi yang berada di kawasan Jawa Tengah.

Jenis jaladwara ini dapat Anda temukan pada candi candi terkenal di Jawa Tengah & Yogjakarta seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs Ratu Baka dan Candi Banyuniba. Walaupun begitu, bentuk jaladwara tidak sama dan mempunyai ciri khas tersendiri sesuai dengan ciri khas candi itu.

Di bagian tangga candi terletak di sisi barat candi yang berada di depan pintu masuk ke dalam tubuh candi. Di pintu masuk candi ini, Kalian bisa melihat bilik penampil yang menjorok keluar. Bilik penampil ini mempunyai tinggi yang serupa dengan atap candi sehingga terlihat menyatu dengan tubuh candi.

Pintu masuk tubuh candi ini tidak mempunyai garupa atau bingkai pintu sebagaimana candi lainnya. Bilik ini mempunyai bentuk berapa lorong dengan langit berongga-rongga memanjang dengan penampang segi tiga mempunyai ciri khas tersendiri.

Peta Candi Mendut 

Gambar Peta dan Candi Mendut di Jawa Tengah

Peta dan Candi Mendut di Jawa Tengah Versi Google Map

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Gambar Peta dan Candi Mendut di Jawa Tengah"