Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Demang Antabopa Pengasuh Anak Prabu Basudewa

Demang Antabopa Pengasuh Anak Prabu Basudewa 

Antabopa adalah seorang demang di tanah perdikan kademangan Widarkandang wilayah negara Mandura, dia ialah penggembala ternak negara Mandura semasa pemerintahan Prabu Basudewa.

Demang Antabopa seorang yang impoten pada masa itu dia diberi puteri triman yang bernama Sagopi, oleh Prabu Basudewa Ki Demang diberi tugas mengasuh Raden Kakrasana, Narayana, dan Rara Ireng dari ancaman Prabu Anom Warakangsa yang ketika itu ingin menumpas keturunan Basudewa.

Demang Antabopa



Sementara itu di padukuhan Widarakandang, putera puteri Prabu Basudewa sudah menginjak usia dewasa. Kakrasana dan Narayana selama hampir limabelas tahun telah belajar kanuragan. Mereka berdua telah menyelesaikan pelajaran baik pengetahuan umum juga pemerintahan. 

Narayana berguru kepada Begawan Padmanaba. Kakrasana dan Narayana juga telah melakukan tapa brata. Didalam tapa bratanya, mereka didatangi, Batara Narada. Kakrasana mendapat pusaka Kyai Nanggala dan Alugara sedangkan Narayana mendapat Senjata pusaka Cakra dan Pusaka Kembang Wijayakusuma.

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Demang Antabopa Pengasuh Anak Prabu Basudewa"