Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gambar Peta Candi Gunung Wukir di Jawa Tengah

Gambar Peta Candi Gunung Wukir di Jawa Tengah 

Candi Gunung Wukir ialah candi Hindu tepatnya berada di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah,   berada di atas Bukit Wukir, oleh karena itu masyarakat sekitar disebut Gunung Wukir, tepat di lereng sebelah barat Gunung Merapi. 

Dengan titik koordinat : 7°38′03″S 110°17′48″E. Tinggi bukit Wukir lebih kurang 300m dpl. Candi Gunung Wukir ini merupakan candi tertua dengan tertuliskan angka tahun berdasarkan prasasti Canggal yang ditemukan pada tahun 1879 di reruntuhan candi ini.

Candi Gunung Wukir


Dalam Prasasti ini telah tertulis : didirikan pada saat pemerintahan raja Sanjaya dari zaman Kerajaan Mataram Kuno, ialah pada tahun 732 M (654 tahun Saka). Prasasti ini mempunyai banyak informasi berkait dengan Kerajaan Medang atau Mataram Hindu. 

Berdasarkan prasasti ini, Candi Gunung Wukir mungkin mempunyai nama asli Shiwalingga atau Kunjarakunja.Oleh L. Poebatjaraka, Candi Gunungwukir diidentifikasikan sebagai candi untuk menempatkan Lingga yang didirikan oleh Raja Sanjaya di Bukit Sthirangga. 

Candi Gunung Wukir dihubungkan dengan Prasasti Canggal  yang diterbitkan tahun 732 Masehi, maka candi ini bersifat Hindu Siwa, Prasasti Canggal sendiri ditulis untuk memperingati pendirian sebuah lingga di Bukit Sthirangga untuk kebahagiaan manusia. 

Kompleks tempat reruntuhan candi ini berada mempunyai ukuran 50 m × 50 m. Bangunan candi sendiri terbuat dari jenis batu andesit setidaknya terdiri atas satu candi induk dan tiga candi perwara. Selain prasasti, di kompleks candi ini juga ditemukan yoni, lingga (lambang dewa Siwa), dan arca lembu betina atau Nandi.

Peta Candi Gunung Wukir



Peta Candi Gunung Wukir di Jawa Tengah Versi Google Map

Baca juga di bawah ini :

Post a Comment for "Gambar Peta Candi Gunung Wukir di Jawa Tengah"