Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mbah Soleh, Seorang Tukang Sapu Masjid Ampel Dikubur 9 Kali

Mbah Soleh, Seorang Tukang Sapu Masjid Ampel Dikubur 9 Kali - Sebagaimana disebutkan di muka murid-murid Sunan Ampel itu hanyak sekali, baik dan kalangan bangsawan dan para pangeran Majapahit maupun dari kalangan rakyat jelata. Bahkan beberapa anggota Walisongo adalah murid-murid beliau sendiri. Kali ini kami tampilkan kisah seorang murid Sunan Ampel yang makamnya takjauh dari lokasi Sunan Ampel dimakamkan. yaitu :

9 Makam Mbah Soleh

9 Makam Mbah Soleh

Kisah Mbah Soleh

Mbah Soleh adalah salah satu dari sekian banyak murid Sunan Ampel yang mempunyai karomah atau keistimewaan luar biasa. 

Adalah sebuah keajaiban yang tak ada duanya, ada seorang manusia di kubur hingga sembilan kali. Ini bukan cerita buatan melainkan ada buktinya. Disebelah timur Masjid Agung Sunan Ampel ada sembilan kuburan. Itu bukan kuburan sembilan orang tapi hanya kuburan seorang yaitu murid Sunan Ampel yang bernama Mbah Soleh. Kisahnya demikian, Mbah Soleh adalah tukang sapu masjid Ampel dimasa hidupnya Sunan Ampel. 

Apabila menyapu lantai masjid sangatlah bersih sekali sehingga orang yang sujud di masjid tanpa sajadah tidak merasa ada debunya. Ketika Mbah Soleh wafat beliau dikubur di depan masjid. Ternyata tidak ada santri yang sanggup mengerjakan pekerjaan Mbah Soleh yaitu menyapu lantai masjid dengan bersih sekali. 

Maka sejak ditinggal Mbah Soleh masjid itupun lantainya menjadi kotor. Kemudian terucaplah kata-kata Sunan Ampel, "Bila Mbah Soleh masih hidup tentulah masjid ini menjadi bersih." Mendadak Mbah Soleh ada di pengimaman masjid sedang menyapu lantai. 

Seluruh lantaipun sekarang menjadi bersih lagi. Orang-orang pada terheran melihat Mbah Soleh hidup lagi. Beberapa bulan kemudian Mbah Soleh wafat lagi dan dikubur di samping kuburannya dulu. Masjid menjadi kotor lagi, lalu tericaplah kata-kata Sunan Ampel sepertl dulu, Mbah Solehpun hidup lagi. Hal ini berlangsung beberapa kali sehingga kuburannya ada delapan. 

Baca juga di bawah ini

Pada saat kuburan Mbah Saleh ada delapan Sunan Ampel meninggal dunia. Beberapa bulan kemudian Mbah Soleh meninggal dunia, sehingga kuburan Mbah Soleh ada sembilan. Kuburan yang terakhir berada di ujung paling timur. Jika anda sempat berjiarah ke makan Sunan Ampel jangan lupa untuk berdo'a di depan makam Mbah Soleh.

Post a Comment for "Mbah Soleh, Seorang Tukang Sapu Masjid Ampel Dikubur 9 Kali"