Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jaman Kerajaan Ptolemaik Pada Tahun 332 SM

Jaman Kerajaan Ptolemaik Pada Tahun 332 SM 

Jaman Kerajaan Ptolemaik bahasa Yunani ialah kerajaan Hellenistik yang telah meliputi wilayah Mesir dan sekitarnya setelah mampu menaklukan Aleksander Agung pada tahun 332 SM. Beridirinya Kerajaan Ptolemaik ketika Ptolemaios I Soter menyatakan dirinya sebagai Firaun Mesir pada tahun 305 SM dan telah berakhir ketika kematian Kleopatra VII dan penaklukan oleh Romawi pada tahun 30 SM. 

Kerajaan ini telah membentang dari Suriah selatan di sebelah timur, sampai dengan Kirene di sebelah barat, dan sampai Nubia di sebelah selatan. Kerajaan Ptolemaik berperan sebagai penyebar peradaban Hellenistik di Mesir. 

Kerajaan Ptolemaik

Kerajaan Ptolemaik

Alexandria (Iskandariyah) ialah ibukota Kerajaan Ptolemaik dan merupakan salah satu pusat peradaban dan perdagangan Yunani di Mesir. Untuk mendapatkan pengakuan dari penduduk asli Mesir, masyarakat Yunani yang bisa memimpin kerajaan ini telah menyatakan diri sebagai penerus para Firaun. 

Dari raja Ptolemaik pada masa seterusnya yang menyerap tradisi Mesir, di antaranya menikahi saudara kandung mereka sendiri, untuk membuat penggambaran diri mereka pada monumen Mesir dengan pakaian dan gaya Mesir, dan bepartisipasi untuk kehidupan keagamaan Mesir.

Kerajaan Ptolemaik akhirnya runtuh setelah banyaknya pemberontakan dari masyarakat asli, perang dengan bangsa lain, serta perang saudara, yang menyebabkan kerajaan ini diambil alih oleh Kekaisaran Romawi

Sementara itu kebudayaan Helenistik sendiri terus mampu berkembang di Mesir sampai penaklukan oleh Muslim. Periode Kerajaan Ptolemaik di Mesir ialah periode dari Zaman Hellenistik yang terdokumentasikan paling baik. Banyak naskah papirus yang harus ditulis oleh orang Yunani dan Mesir.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Jaman Kerajaan Ptolemaik Pada Tahun 332 SM"