Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri Kematian Kleopatra Bersama Runtuhnya Kerajaan Ptolemaik

Misteri Kematian Kleopatra Bersama Runtuhnya Kerajaan Ptolemaik 

Pada masa persekutuan Markus Antonius dengan Kleopatra membuat Romawi semakin marah. Para Senator menyebutnya penyihir, dan menuduhnya untuk melaksanakan berbagai tindak kejahatan. Romawi bahkan bisa menjadi semakin marah ketika Markus Antonius memberikan sebagian wilayah Kekaisaran Romawi kepada Kleopatra dan anak-anaknya melalui upacara Donasi Aleksandria ketika masa musim gugur tahun 34 SM, antara lain Tarsos, Kyrene, Kreta, Siprus, dan Israel. 

Oleh karena itu Oktavianus entah cara berhasil mendapatkan surat wasiat Markus Antonius, yang isinya ialah keinginan Markus untuk dimakamkan di Aleksandria, dan bukannya di Romawi.

Misteri Kematian Kleopatra

Misteri Kematian Kleopatra

Perselisihan telah mencapai puncaknya ketika Oktavianus menyatakan perang kepada Kerajaan Ptolemaik. Armada laut Oktvianus berhadapan dengan pasukan Kleopatra dan Markus Antonius di Aktium, lepas pantai Yunani di Laut Adriatik. 

Di dalam pertempuran itu, pasukan Oktavianus, yang telah dipimpin oleh jenderal Markus Vipsanius Agrippa, mampu melumpuhkan pasukan Ptolemaik. Oktavianus telah menanti dulu selama kurang lebih satu tahun sebelum dia mengklaim Mesir sebagai provinsi Romawi. 

Dia datang ke Aleksandria dan dengan mudahnya melumpuhkan Markus Antonius di luar kota itu. Menyadari kekalahannya, Markus Antonius tidak mau dibunuh oleh Oktavianus dan memutuskan untuk bunuh diri dengan pedangnya sendiri.

Oktavianus memasuki Aleksandria pada tahun 30 SM. Kleopatra telah ditangkap dan dibawa ke hadapannya, tetapi Oktavianus tidak tertarik sedikit pun dengan relasi, rekonsiliasi, ataupun negosiasi dengan Kleopatra.  Dia telah menyadari bahwa dia sudah tidak berdaya, Kleopatra pun mengikuti langkah Markus Antonius dan membunuh dirinya sendiri.

Tidak ada yang tau bagaimana cara Kleopatra bunuh diri. Banyak yang percaya bahwa dia membiarkan dirinya digigit oleh seekor ular berbisa, karena ketika mayat Kleopatra ditemukan, tidak terlihat adanya bekas tusukan, sehingga para pengawalnya berpikir bahwa Kleopatra pasti mati karena racun bisa ular. Dengan kematian Kleopatra, Kerajaan Ptolemaik pun berakhir. Aleksandria tetap menjadi ibukota Mesir, akan tetapi sejak saat itu Mesir telah menjadi provinsi Romawi.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Misteri Kematian Kleopatra Bersama Runtuhnya Kerajaan Ptolemaik"