Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Politik Ekonomi Mesir Kuno

Politik Ekonomi Mesir Kuno 

Setelah menaklukkan Mesir, masyarakat Yunani telah menjadi golongan kelas atas di Mesir, menggantikan aristokrasi penduduk asli. Para raja Ptolemaik memanfatkan tradisi dan agama untuk meraih kekuasaan dan kekayaan. Meskipun berhasil mendirikan kerajaan yang kaya dan dihiasi bangunan-bangunan megah, tetapi masyarakat asli Mesir kurang mendapatkan kesejahteraan, sehingga sering terjadi pemberontakan. 

Usaha dalam pemberontakan telah memuncak pada masa pemerintahan Ptolemaios IV Philopator (221–205 SM) ketika mereka bisa mengusai satu distrik dan mengangkat diri sebagai firaun. Sembilan belas tahun kemudian, Ptolemaios V Epiphanes (205–181 BC) telah berhasil meredam pemberontakan itu, tetapi di kemudian hari masyarakat Mesir terus-menerus beberapa kali telah melakukan pemberontakan terhadap penguasa Kerajaan Ptolemaik.

Politik Ekonomi Mesir Kuno

Politik Ekonomi Mesir Kuno

Di dalam bidang ekonomi, Kerajaan Ptolemaik ialah negara yang kaya raya. Karena disebabkan oleh eksploitasi sumber daya alam dan sumebr daya manusia yang ada di Mesir. Lembah Sungai Nil kaya akan beberapa jenis sumber daya alam, selain itu masyarakat penduduk Mesir berjumlah banyak dan bisa dipekerjakan sebagai buruh dan petani. 

Selama masa kekuasaannya, para raja Ptolemaik benar-benar memanfaatkan sumber daya yang ada di Mesir. Dua sumber daya alam utama yang berada di Mesir ialah gandum, yang merupakan salah satu makanan utama di Mediterania, dan papirus, yang berfungsi sebagai alat tulis.

Para Ptolemaios awalnya meningkatkan lahan pertanian melalui irigasi dan memperkenalkan tanaman semacam kapas dan anggur (yang menghasilkan minuman anggur yang lebih baik). Mereka juga bisa meningkatkan ketersediaan barang-barang mewah melalui perdagangan dengan negara-negara lain.

Kerajaan Ptolemaik terkenal atas seri koinnya yang ekstensif dalam bentuk emas, perak, dan perunggu. Khususnya dikenal karena digunakannya koin-koin besar untuk ketiga jenis logam tersebut, yang paling tinggi nilainya ialah koin emas pentadrakhma dan oktadrachma, dan koin perak tetradrakhma, dekadrakhma dan pentakaidekadrakhma.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Politik Ekonomi Mesir Kuno"