Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Raja Makedonia Penakluk Aleksander Agung

Raja Makedonia Penakluk Aleksander Agung 

Sekitar tahun 332 SM, Aleksander Agung, raja Makedonia menginvasi kesatrapan Mesir di Kekaisaran Akhemeniyah. Ia telah diterima oleh bangsa Mesir sebagai seorang pembebas lalu dia tidak diperolehkan untuk melawan. Dia mendatangi Memphis, dan mengunjungi Orakel Amun di Oasis Siwa. 

Sang orakel menyatakan bahwa Aleksander sebagai putra dewa Amun. Aleksander tidak bisa menghancurkan Mesir karena dia sangat menghormati agama kepercayaan orang Mesir, namun dia telah menempatkan orang-orang Yunani dalam posisi pemerintahan yang sangat penting di Mesir. 

Aleksander Agung

Aleksander Agung

Aleksander juga telah mendirikan sebuah kota Yunani di Mesir yang ia beri nama Aleksandria (Iskandariyah) sesuai dengan namanya. Di Kota itu telah dibuat menjadi ibukota Mesir yang baru. Aleksander bisa memanfaatkan kekayaan Mesir untuk mendukung kelanjutan serangannya terhadap sisa-sisa wilayah Kekaisaran Akhemeniyah. 

Pada awal tahun 331 AM, Aleksander telah meninggalkan Mesir untuk menuju Fenisia setelah terlebih dahulu dia mendirikan garnisun militer di Memphis dan Pelusion. Dia menunjuk Kleiomenes untuk bisa memimpin Mesir selama kepergiannya, tetapi Aleksander tidak pernah bisa kembali lagi ke Mesir. Di kemudian hari jenazah Aleksander Agung dibawa ke Aleksandria, yang menjadi pusat intelektual dan politik di Mesir Kuno.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Raja Makedonia Penakluk Aleksander Agung"