Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perjuangan Ramón Berenguer III pada tahun 1118 di Tarragona

Perjuangan Ramón Berenguer III pada tahun 1118 di Tarragona

Ramon Berenguer III yang Agung merupakan salah satu seorang Comte Barcelona, Girona, dan Osona sejak tahun 1082 (bersama dengan Berenguer Ramon II dan berhasil memerintah sendiri sejak tahun 1097), Besalu sejak tahun 1111, Cerdaña sejak tahun 1117, dan Provence, pada waktu Kekaisaran Romawi Suci, sejak tahun 1112, semua itu sampai saat dia wafat di Barcelona pada tahun 1131. Sebagai Ramon Berenguer I, dia ialah Comte Provence pada tahun 1112 atas hak istrinya.

Lahir pada tahun 1082 di Rodez, dia merupakan salah satu putra Ramon Berenguer II. Dia telah menjadi ahli waris takhta ayahnya untuk mewakili pimpinan dengan pamannya Berenguer Ramon II. Dia telah menjadi satu-satunya pemimpin pada tahun 1097, pada waktu Berenguer Ramon II dibuang kepengasingan dengan dipaksa.

Ramon Berenguer III 

Ramon Berenguer III

Sejak pemerintahannya perhatian Katalan telah meluas di kedua belah pihak Pirenia. Dengan pernikahan hampir semua kabupaten wilayah Katalan kecuali Urgell dan Peralada. Dia telah menjadi ahli waris di wilayah Besalú (1111) dan Cerdana (1117) dan di antaranya menikah dengan Dulce I, ahli waris Provence (1112). Wilayahnya telah berkembang ke arah timur jauh sampai ke Nice.

Pada waktu persekutuannya dengan Comte Urgell, Ramon Berenguer III telah menjajah Barbastro dan Balaguer. Pada tahun 1118 dia berhasil menguasai dan membangun kembali Tarragona, yang menjadi ibu kota metropolitan dari gereja di Katalonia (sebelum itu, Katalan telah tergantung pada Keuskupan Kuno Narbonne). 

Dia juga mampu membina hubungan maritim dengan Pisa dan Genova dan pada tahun 1114 dan 1115 menyerang bersama-sama dengan Pisa kepulauan muslim Mallorca dan Ibiza. Mereka menjadi bawahannya dan banyak budak yang beragama Kristen di sana yang telah dibebaskan. Ramón Berenguer juga menyerang dependensi tanah Muslim dengan bantuan Pisa, seperti Valencia, Lleida dan Tortosa.

Menjelang akhir hidup perjalannya berkuasa Ramon Berenguer telah menjadi seorang perwira Ordo Bait Allah. Dia bisa memberikan lima wilayah Katalannya kepada putra sulungnya Ramon Berenguer IV dan Provence kepada putranya yang lebih muda Berenguer Ramon.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Perjuangan Ramón Berenguer III pada tahun 1118 di Tarragona"