Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Gerakan Oleh Tuan-Tuan Baux (Ramon Berenguer IV)

Persiapan Gerakan Oleh Tuan-Tuan Baux

Akibat dari krisis ini, le Midi telah dibagi menjadi 2 faksi. Berenguer Ramon telah didukung oleh kakaknya, Ramon Berenguer IV dari Barcelona, dan para vicomte Carcassonne, Beziers dan Nimes. Yang lain, pendukung Stephanie dan Raymond, termasuk Toulouse, county Foix, Arles (hingga 1150), dan bahkan Republik Genova, yang melakukan serangan terhadap Melgueil pada tahun 1144 ketika Berenguer Ramon meninggal. Dia digantikan oleh putranya yang muda, Ramon Berenguer II.

Ramón Berenguer IV

Ramón Berenguer IV

Menurut sejarawan dan Arles-pribumi Louis Mathieu Anibert, kotanya menunjuk jadi konsulat untuk mempersiapkan perang (1131):

"les préparatifs de guerre que faisaient sourdement les Seigneurs des Baux, contre la Maison de Barcelone à la mort de Raymond-Berenger premier et peut-être quelque temps auparavant, durent décider les Arlésiens à ce grand changement, et engager l’Archevêque à s’y prêter. Les circonstances exigeaient qu’on donnât à la Ville des Chefs capables de porter les armes au besoin.

Persiapan yang dibuat oleh tuan-tuan Baux, melawan wangsa Barcelona setelah kematian Ramon Berenguer yang pertama dan mungkin beberapa waktu sebelumnya, memaksa tentara Arles untuk memutuskan perubahan besar, dan mereka mendesak uskup agung untuk mengambilnya. Keadaan menuntut agar seseorang memberi kepada para pemimpin kota yang mampu membawa senjata seperlunya."

Pada waktu pembukaan konflik, Raymond dari Baux telah mengajukan banding ke Konrad III, yang secara teknis adalah Raja Bourgogne, walaupun judul ini lebih berarti dalam teori daripada dalam praktiknya. Provence yang secara hukum telah menjadi wilayah kerajaan Bourgogne, Raymond memohon untuk pengakuan kedaulatannya atas hak-hak Stephanie sebagai pewaris harta Gerberga. 

Pada tanggal 4 Agustus 1145, Konrad mengesahkan hak Stephanie dan Raymond pada gelar mereka dan memberi mereka kekuasaan untuk menambang uang di Arles dan di Trinquetaille. Yang terakhir adalah bantuan besar untuk aspirasi mereka.

Post a Comment for "Persiapan Gerakan Oleh Tuan-Tuan Baux (Ramon Berenguer IV)"