Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Karya Seni Rupa Murni

Jenis Karya Seni Rupa Murni


Jenis Karya Seni Rupa Murni - Seni rupa atau juga disebut sebagai Visual Art ialah cabang kesenian yang mengungkapkan pengalaman-pengalaman estetikanya melalui organisasi unsur-unsur garis, bidang, warna gelap terang, dan nilai rasa. Dengan adanya bahan, alat, dan teknik, seniman mewujudkannya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensional yang dapat diendera dengan indera penglihatan.

Seni rupa sebagai salah satu bagian dari kebudayaan dari waktu ke-waktu terus mengalami perkembangan dan perubahan sesuai dengan perubahan waktu, kebutuhan dan peradaban manusia, sehingga seni dapat dibedakan sesuai dengan jamannya misalnya seni primitif, seni tradisional, seni modern, atau seni kontemporer.

Sejarah seni rupa Indonesia diawali dari kedatangan para pedagang dari Gujarat, Arab, Portugis, Spanyol, Belanda dan Inggris yang datang ke Indonesia untuk berdagang rempah-rempah. Dari kegiatan perdagangan tersebut terjadi proses akulturasi kebudayaan sehingga membawa pengaruh sosial budaya di Indonesia, tak terkecuali dalam bidang seni rupa yang menjadikan corak seni rupa menjadi beragam.

Di setiap kepulauan Indonesia banyak dijumpai karya seni rupa yang beragam jenis dan coraknya sesuai dengan :

  • Kepercayaan yang diyakini,
  • adat istiadat yang dilakukan,
  • budaya yang khas ada di dalam kehidupan masyarakat tersebut,
  • potensi alam yang ada di dalamnya,
  • tingkat itelektual masyarakat,
  • tingkat perekonomian,
  • perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi.
Pengaruh dari India banyak peninggalan berupa bangunan candi, patung relief dan seni tradisional lainnya. Pengaruh dari Arab banyak peninggalan berupa bangunan masjid, makam, seni dekoratif, kaligrafi, dan seni hias lainnya. Pengaruh dari negara Eropa banyak memberikan peninggalan berupa bangunan yang berarsitektur eropa, seni patung, seni lukis.

Seniman atau kriyawan sudah pasti memiliki maksud dan tujuan mengapa karya itu diciptakan yang dalam proses penciptaannya melalui tahap ide atau gagasan yang ada dalam pikirannya, selanjutnya dengan sarana bahan dan alat serta teknik seniman melakukan proses berkarya hingga terciptanya suatu bentuk karya yang bisa diindera oleh seniman itu sendiri maupun para penghayatnya atau aprersiator. Dalam seni rupa tujuan penciptaan karya dapat dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

1. Fine Art atau Seni Rupa Murni

Seni rupa murni ialah seni yang tujuan penciptanya untuk sarana memenuhi kepuasan batin si penciptanya. Karya seni rupa yang diciptakan oleh seorang seniman pada prinsipnya tujuan utamanya adalah untuk mengekspresikan perasaan keindahan saja atau untuk mengekspresikan perasaannya yang bersifat pribadi sesuai dengan pengalaman dan gagasannya, setelah karya seni rupa tersebut selesai sang seniman tidak mempertimbangkan untuk apa dan bagaimana nantinya karya tersebut.


Bentuk karya gaya dari masing-masing seniman tidak akan sama, ada yang diwujudkan dalam bentuk lukisan, patung atau seni grafis, ada yang bergaya natural, realis, ekspresif, abstrak, dekoratif, impresif, kubisme, romantis, surealis, pointils, dan sebagainya.

2. Applied Ert atau Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah seni yang tujuan penciptaanya untuk kepentingan yang bersifat praktis atau dapat dipergunakan secara praktis, yang hasilnya dapat dimanfaatkan tidak saja untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Banyak sekali bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni terapan, ada yang diwujudkan dari bahan-bahan dari alam yang diolah secara tradisional maupun modern (batu, kayu, daun, logam,tanah liat, karet, kulit, dll), atau dari bahan-bahan buatan dari alam yang diolah menjadi bahan baru (kaca, plastik, fiber glass, kertas, karet, dll).

Bentuk karya seni kerajinan (Craft) bisa berupa alat-alat yang biasa dipergunakan untuk kepentingan rumah tangga, atau benda-benda hias yang hanya sekedar untuk hiasan interior atau eksterior, seni grafis, seni bangun, seni reklame, seni batik, seni dekorasi, dsb.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

  • Menilai karya seni rupa terapan
  • Karya Seni Rupa Terapan
  • Menilai karya seni rupa dua dimensi
  • Post a Comment for "Jenis Karya Seni Rupa Murni"